Laki Tulen

Reclaim Your Manhood Today!

Emotional RollerCoaster

Udah pada nonton Star Wars the Force Awakens? Kalo belon, ini wajib banget ditonton, apalagi kalo lo ini Star Wars geek.

Gue udah ngerasa kalo JJ Abrams ga bakal mengecewakan. Sebab 2 Star Trek reboot yang didrect sama doi masih stick to the original formula, tapi tetep bisa dibawakan fresh, sesuai selera sekarang dan fast paced, alias ga ngebosenin.

Waktu kecil, gue sering argumentasi sama kakak gue soal Star Wars vs Star Trek. Kakak gue itu trekkies, sedangkan gue Star Wars geek. Star Trek itu lebih “intelek”, lebih soal eksplorasi, sedangkan Star Wars lebih mengedepankan warrior-ism, knighthood, honor, baik vs jahat, dsb (jedi VS sith). Gue masih suka seri Star Trek Enterprise, tapi yang sebelum-sebelumnya, rada susah, gue udah coba nyukain New Generation, Deep Space Nine dan Voyager, tapi tetep, it’s not my cup of tea. Mungkin orang interested sama character development/drama-drama yang terjadi di dalem pesawat Enterprisenya, entahlah.

Seri yang paling banyak diomongin orang belakangan, Game of Thrones, gue juga cukup struggling buat nontonnya, karena gue ga ngerti intrik dan politik yang terjadi di dalemnya. Yang jelas gue suka nonton season awal cuma karena banyak nenen blecetan kemane-mane.

Anyway, salah satu episode yang paling banyak dibicarain orang itu keknya episode “Purple Wedding”, waktu King Joffrey mati diracun. Gue nonton episode ini, mencoba nyukain Game of Thrones lagi, tapi tetep, ini seri keknya ga bisa ditonton keputus-putus. Karena gue ga tau apa yang terjadi, ini karakter kenapa kok benci sama si ini, yang itu kenapa benci sama yang ono. Tapi yang jelas, waktu “Purple Wedding” tayang, internet lumayan heboh. Semua orang bersorak sorai ngeliat King Joffrey tewas ngenes.

Purple_Wedding

Gue rasa HBO cukup pinter juga, katanya season belakangan udah ga ada lagi pamer boobs. Sex sells, tapi basically seri ini keknya emang sangat berkualitas. Visual effectnya juga keren-keren (mahluk naga mulai muncul pas episode belakangan) dan boleh dibilang sekelas feature film efeknya.

Nah spoiler alert lagi nih. Selama gue nonton Star Trek reboot, gue udah ga inget lagi kedua ceritanya, plot utamanya seperti apa. Tapi ada beberapa momen yang memorable buat gue. Into Darkness terutama, waktu Enterprise kejer-kejeran sewaktu dalam warp speed.

Waktu nonton di bioskop, bulu kuduk gue berdiri semua pas adegan ini. Atau pas Spock teriak “KHAAANNN”

Atau pas Star Trek reboot sewaktu bokapnya Captain Kirk kamikaze pas awal film. Atau pas waktu Kirk memprovokasi Spock :

Tapi, garis besar cerita/plot kedua film tersebut gue udah lupa mengenai apaan.

Nah Star Wars Episode VII, scene paling memorable buat gue itu pas waktu B killed a character *spoiler alert*.

Damn, gue bener-bener ngatur nafas supaya ga banjir di dalem bioskop. Tengsin lah kalo gue terisak-isak didalem bok.

Episode I, II, III, gue ga begitu inget plot utamanya apa, cuma inget waktu Qui Gon Jinn duel sama Darth Maul, dan… kalah.

Liat pattern/polanya ga?

Kebanyakan kok pas adegan ngenes ya.

Anyway, gue paling inget juga pas adegan Jordan Belfort ngasih speech ke karyawan-karyawannya di Wolf of Wallstreet, atau pas waktu Sean Parker ngejelasin pola pikirnya ke Zuckerberg di The Social Network, atau pas waktu Joe Hallenbeck mainan hand puppetnya :

Scene-scene tersebut bikin goosebumps ke diri gue. Sedangkan scene Joe Hallenbeck itu bikin gue ngakak geli, apalagi liat reaksi penjahat-penjahatnya “what the fuck”.

Gue juga inget banget moment gue ngerasain “trance” waktu di nightclub, pas DJ muter lagu yang bener-bener gue suka. Diantaranya yang masih ngebekas di gue itu “Umbrella”nya Rihanna, “Fly Away”nya Jean Claude Ades, “Stereo Love”nya Edward Maya, “Get Lucky”nya Daft Punk, dst.

Semua lagu ini bikin bulu kuduk gue berdiri. Koleksi lagu yang gue simpen semuanya lagu-lagu yang bener-bener bikin gue ngerasain goosebumps (merinding).

“Leave Her Wanting for More”

sinetron11

Formula sinetron paling klise : adegan tangis-tangisan, teriak-teriakan, ibu tiri yang kelewatan jahatnya, anak yang dijadiin budak, amnesia, cinderella story yang dimodif, typical shitnetron yang ada di Indonesia. Atau mungkin jiplak drama korea/taiwan/jepang yang biasanya bikin cewek banjir dan boros tisu ga ketulugan.

Kenapa? Karena itu semua ikut membangkitkan EMOSI buat penontonnya. Bikin gregetan.

Lo sendiri nonton kagak? Gue yakin kagak. Liat demografi penontonnya, kebanyakan pembantu rumah tangga, ibu-ibu atau remaja-remaja putri.

Nah… balik lagi nih ke shitnetron. Pas lagi panas-panasnya pada teriak-teriakan, nunjuk-nunjuk, melotot-lotot, zoom ke antagonis terus ke protagonis dengan background musik orkestra yang mencekam, tau-tau tulisan “BERSAMBUNG” muncul. Gimana reaksi nyokap elo, pembantu elo, atau adik cewek elo? “Yaaahhh”.

Terus episode ini jadi bahan obrolan ter hot di grup mereka sampe hari dan jam tayang berikutnya.

Minggu berikutnya pun lo rebutan remote control TV sama cewek-cewek di rumah lo.

Get the clue so far?

Tapi kalo dicompare sama scene-scene yang memorable di film-film tontonan gue, sebenernya ga beda jauh. Coba deh lo inget-inget film-film yang berkesan buat elo, terutama adegan-adegannya. Adegan-adegan yang kayak apa?

So, basically we’re not so different afterall, kalo ngomongin masalah emosi. Cuma emang genrenya aja yang beda.

Beberapa “wiring” otak (gue masih setuju dengan beberapa literatur seduction klasik sama old school PUAs) dan bagian tubuh emang berbeda. Dan secara alami cewek dan cowok punya fungsinya masing-masing.

Iklan Emosi

Dulu gue cari-cari kampanye iklan yang mengeksploitasi emosi orang habis-habisan. It’s a real thing dan ini udah dijalankan sama beberapa company besar :

Targetnya dibuat deg-degan, gugup, panik, terus dibuat lega mampus dengan ngasih tau itu cuma prank.

Intinya, kalo lo pernah baca buku-buku seduction, ini mirip kayak nyetop (pause) omongan lo, biarin ekspektasinya naik, terus kasih punchline.

Coba liat standup comedian juga, mereka biasanya juga suka stop (pause) sebelum kasih punchlinenya.

Gue ga suka mengait-ngaitkan dengan science, tapi untuk hal ini udah bener-bener udah proven by science :

  1. http://science.howstuffworks.com/life/remember-bad-times-better-than-good.htm
  2. http://www.nytimes.com/2012/03/24/your-money/why-people-remember-negative-events-more-than-positive-ones.html
  3. http://www.livescience.com/1827-bad-memories-stick-good.html
  4. http://www.psychologicalscience.org/index.php/news/releases/new-study-suggests-we-remember-the-bad-times-better-than-the-good.html

Sisanya silakan google sendiri. Dan ini bener. Ini juga terjadi pada diri gue. Logika/science dibelakangnya gue males jelasinnya dan bukan kapasitas gue untuk jelasin, silakan research lebih jauh soal ini sendiri kalo emang lu ngerasa perlu cari tau lebih jauh soal ini.

Tapi yang jelas : trauma itu impactnya lebih membekas dan jauh lebih lama nempel di ingatan dibandingkan moment-moment yang ngasih perasaan positif.

Itulah kenapa juga bahkan Dale Carnegie ngangkat soal hal ini. Orang cenderung ngasih kritik, dibandingkan ngasih pujian ketika hal yang dilakukan benar. Hal yang sebenernya sangat sederhana sekali, tapi orang kebanyakan ga aware sama hal ini.

Nah gue juga mengatakan tekniknya Julien Blanc itu masuk akal. Karena trauma itu bisa membekas. Tapi problemnya, tekniknya dia itu ga necessary. 

Itulah kenapa kampanye iklan Nivea yang diatas itu juga masuk akal. Kampanye iklan seperti ini juga cukup banyak dan populer. Dulu gue pernah liat video bayi diculik sampe ibunya kebingungan dan nangis-nangis, tapi pas akhirannya si ibu disodorin produk yang diiklanin dan bayinya dalam keadaan yang baik-baik aja, ga terluka ato apa. Ada juga rumah didobrak sama beberapa orang pake topeng ski, untuk ngiklanin bir.

Reaksi lain dari trauma adalah asosiasi rasa takut terhadap penyebabnya. Kalo takut, maukah orang tersebut urusan lebih lanjut sama penyebab rasa takut tersebut? Dan ini jelas mo lo hindarin pas waktu PDKT sama cewek kan?

“Moment”

Menciptakan trauma itu bukan satu-satunya cara membuat moment yang memorable. Mungkin cuma segelintir orang yang baca buku, terlebih lagi buku Dale Carnegie tersebut.

We’re basically surrounded by assholes. Ngeritik segala hal yang kita lakuin, tiap jengkal, tiap detik, dst. Nah bayangin, seumur hiduplo, lo udah diterpa semua kritikan tersebut, dari ekspektasi orang tualo, dari superior di kantorlo yang belagu, dari co workerlo yang senga, dari classmatelo yang nyebelin, tiba-tiba ada kejadian yang ga terduga, menyenangkan, bikin lo berbunga-bunga dan ketawa-ketiwi sendiri yang terjadi pada dirilo.

Atau mungkin kalo kasus iklan, bisa ga lo beberin iklan yang masih membekas di kepala elo? Apakah iklan yang bikin lo trauma? Gue paling inget iklan yang lucu-lucu. Salah satunya iklan axis kaya mendadak. Sayangnya belakangan gue udah 99% ga nonton TV lagi. Dan kalopun gue nonton TV belakangan, kebanyakan iklannya sok serius, sok berkelas dan sok scientific… terlalu dibuat-buat dan fake.

Contoh lainnya misalnya kasus ini hired guns yang pernah gue ceritain dulu. Atau di Perjalanan Rahasia, ada beberapa kisah disitu yang sebenernya ga ada di entri jurnal gue, tapi gue inget secara mendetail, karena momen itu sangat berkesan banget buat gue. Salah satunya si “Lina”. Apakah kisah ini tragedy? Bad experience bagi gue? Nope. I enjoy those moments so much. Gue inget bener sampe ekspresi wajahnya kek apa.

Di hidup gue sendiri, gue ga terlalu banyak inget hal-hal yang udah terjadi dulu. Tapi beberapa ingetan gue yang masih menclok, itu ketika gue diterima di company besar, ketika gue diterima kerja di luar negeri, ketika gue pertama kali made a kiss close, atau ketika gue bikin seorang vokalis ceria banget, dengan ekspresi wajah yang tulus. Ketika gue ngerasakan gejolak emosi yang besar. Bukan ketika I got laid.

Coba lo cek sendiri ke dirilo secara jujur. Bener ga?

“Emotional Rollercoaster”

Ini kurang lebih ilustrasi “Emotional Rollercoaster” yang paling bagus :

roller-coaster

Gambarnya nyomot dari http://christinamichele.com/archives/800

Let’s get down to business shall we? Jadi maksudnya apa emotional rollercoaster? Pernah naik rollercoaster di Dufan, Ancol kan? Pas naik “greg, greg, greg” bunyi relnya, dan naiknya pelan-pelan, lo makin lama makin deg-degan, pas udah dipuncak lo mulai pasrah. Nah pas waktu keretanya turun, semua isi perutlo keangkat semua, elo ngerasain andrenaline rush yang bener-bener deres banget.

Diluar semua emosi negatif, mungkin rasa takut, rasa deg-degan dan rasa lega atau pas elo teriak sekenceng-kencengnya, lo ngerasa bener-bener hidup. Pas turun, lo mulai cerita-cerita pengalaman lo, apa yang lo rasain, pas waktu bukit pertama, atau loop dan twist yang lo lewatin ke temen-temen elo, dan mereka juga ngelakuin hal yang sama. Pengalaman tersebut berkesan buat lo. Memorable.

“Gila pas naik gue deg-degan, gue teriak paling kenceng pas waktu jungkir balik keknya”.

dst. dsb.

Mungkin, ada kalanya orang yang pertama kali naik roller coaster ini bisa jadi trauma dan ogah naik roller coaster lagi seumur hidup. Tapi sampe sekarang, kayaknya antrian rollercoaster masih rame kan?

Coba liat wahana-wahana yang ada di Dufan ini :

http://ridu.web.id/2011/03/06/8-peringkat-wahana-paling-ekstrem-di-dufan/

Kenapa orang mau bayar buat dikocok-kocok, diombang-ambing, diterbalikin kayak gitu? Pernah ga lo sekedar nanya ke diri sendiri “why?”

Karena itu SERU. Dan bikin KETAGIHAN. Tapi SERU itu banyak artinya kan? Kalo lo naik rollercoaster, semua emosi keluar, mulai dari takut, senang, dsb… tapi yang terutama, macu adrenaline elo.

Aplikasinya ke seduction gimana? Gue pernah bilang bikin momen yang menyenangkan buat elo berdua. Dan dengan “momen yang menyenangkan” itu bukan berarti kissing ass. Percaya deh kalo lo pernah ngelead team, getting your ass kissed from every directions isn’t a pleasant thing to experience.

Gue kasih satu contoh opener favorit gue : “Lo orang lesbian yah”

Ini minimal bakal nimbulin reaksi dongkol kalo disampaikan ke orang yang salah. Ini opener high risk, tapi juga high reward. Juga alat seleksi yang paling efisien. Kalo si cewek marah-marah, she’s not worth it. Tapi kalo dia bales becandaan atau malah jadi defensif dengan ketawa-ketawa, she’s really worth it. Tapi yang jelas ini nimbulin kesan yang bikin bingung “ini siapa sih ini orang?” ke si cewek. Dan no, percaya ato engga selama gue gencar make itu opener ga pernah sekalipun ditabok.

Atau breakdown teknik dancefloor gue. Simply kalo lo berkunjung ke club, liat deh sekeliling elo. Sebagian besarnya ngapain, terutama cowok-cowok di dalem situ. Nah kalo ada cowok yang segitu nekadnya, reaksi yang sama bakal lo dapet. Tapi tentunya ga semua cewek bakal ngasih reaksi positif ke elo.

Emotional Investment

Istilah ini juga perlu lu ketahui. Apa itu emotional investment? Misalnya lo bawa mobil terus keserempet. Lo ngamuk-ngamuk sejadinya. Ini artinya lo emotionally invested ke mobil elo.

Atau ketika lo nunggu hasil ujian, atau interview kerja elo… lo deg-degan, keringet dingin, gemeteran setengah mati kek mo pingsan.

Atau misalnya cewek-cewek dengan shitnetron drama diatas.

Atau mungkin ketika lo bikin satu proyek dimana lo curahin semua kerja keraslo kesitu tapi ternyata dikritik orang, lo dongkol setengah mati.

Itulah segelintir contoh emotional investment (investasi emosi). Singkatnya elo menganggap satu hal sangat penting banget buat dirilo.

Contoh lain, dan definisi tepatnya silakan research sendiri ya.

Nah tapi dalam kasus yang kita bahas di blog ini, mungkin ketika lo gregetan ketika target operasilo ngeflake sama elo. Lo jadi gregetan dan marah-marah sendiri. Atau ketika pacarlo mutusin elo. Lo jadi down berlama-lama, atau marah dan kesel sejadinya.

Emotional investment itu bukan berarti jelek. Kayak yang pernah gue bilang juga, segala hal yang baik ketika berlebihan itu bisa menjadi jelek. Misalnya kalo dalam pekerjaan, apalagi kalo pekerjaanlo itu project based, kalo lo ga emotionally invested in it, lo ga mencurahkan atau mengeluarkan seluruh potensilo kesitu. Kemungkinan besar mungkin karena kerjaanlo bukan bidang passion elo.

Jadi gimana supaya ga terlalu “emotionally invested” sama orang yang baru lo kenal? Salah satunya, balik lagi ke advice klasik yang udah gue sampaikan berkali-kali : GFTOW.

Mungkin kalo sekarang lo lagi down gara-gara seorang cewek, cewek yang elo investasikan emosilo ini lagi sibuk ngumpulin orbiter sekarang. It’s a fair game.

JUST BE YOURSELF

keep-calm-and-just-be-yourself-46

Advice paling cliche sedunia. Lo mungkin ngeluh, lo udah “be myself” tapi kok cewek-cewek pada ngabur ya?

Udah baca ulasan diatas kan? Sekarang lo pasti udah dapet anjuran beberapa kali, untuk sebisa mungkin ngehindarin “job interview mode”. Misalnya “lo tinggal dimana”, “sekolah dimana”, dst.

Nahhh… pernah ga lo sekedar ngebayangin bahan omongan lo sama temen akrablo sehari-hari seperti apa? Dan kenapa lo bisa temenan akrab sama dia? Dan kenapa bahan/topik obrolanlo sama temen akrablo bisa segokil itu? Mungkin bahkan kelewat jorok atau kurang ajar? Karena lo ga menahan apa-apa, you’re BEING YOURSELF ketika lo bersama temen akrab lo. Lo merasakan hal-hal yang SERU sama temen akrablo. Simply lo dan temen akrablo merasakan berbagai gejolak emosi, satu sama lain.

Sedangkan ketika sama cewek lo menahan dirilo. Takut dijudge atau berusaha sebaik mungkin supaya dia engga ilfil sama elo. Lo memasang topeng supaya lo bisa mengesankan si cewek.

Coba sekarang bayangin kalo lo ngobrol sama temen akrablo pake “job interview mode” ini. Atau bayangin temenlo yang paling akrab nanya-nanya hal pribadi ke elo terus-terusan. Sebel ga? Males ga?

Katanya cewek itu suka drama, bener. Kita para cowok juga sedikit banyak suka “drama” ini sebenernya. Human beings are emotional creature. Didorong oleh emosi.

Gue kasih satu contoh. Misal lo kena tipu sama satu orang, lo jadi dongkol abis, beberapa waktu kemudian penipu ini bertobat, dan nawarin hal yang sama ke elo, dengan janji dan sumpah atas nama ibunya bahwa dia udah bertobat. Kalo lo ga terdorong oleh emosi dan sepenuhnya terdorong oleh logika, tentunya lo ga bakal keberatan. Tapi kenyataannya? Coba deh pikirin baik-baik.

“Tapi kalo gue bersikap kayak temen ke dia nanti masuk friendzone”

Well, ada cewek yang emang suka sama elo, dan ada yang engga. Kalo emang lo ditolak, ya cari yang lain, beres kan? Jangan lupa juga, elo ini sexual being. Bahkan kalo lo “sekedar” nyari pacar atau istri, itu artinya lo nyari “sexual partner” juga. Dan ini yang gue perhatiin, pada takut kalo sekedar being sexual dikit kalo deket-deket sama cewek.

Sekedar contoh, beberapa waktu yang lalu, gue nyari SPG, dia nanya ke gue “nanti pake baju apa?”

“lo ga pake apa-apa juga gapapa, gue tambah demen malah”

Dan waktu ngomong itu gue ga mikir apa-apa. Spontan, suer. Dan dianya malah jadi ge-eran ngakak sejadinya ditempat.

Mungkin kalo gue masih takut nunjukin sexualitas gue, gue masih ngejawab dengan sopan, jelasin panjang lebar sok kebapakan gitu soal dress codenya. Boring. No fun. Sok baik. FAKE. Get it?

Sisanya udah beberapa kali nulis soal friendzone. Silakan ambil kesimpulan sendiri.

Next, mungkin gue bakal bahas soal MGTOW. Sementara silakan google sendiri apaan itu MGTOW.

Cheers.

 

One comment on “Emotional RollerCoaster

  1. sbhcool
    January 11, 2016

    thanks, sebelumnya gak pernah kepikiran soal emotion rollercoaster. ini bener bener ajib. Soal ane gk be yourself itu mungkin yg sering bikin cewek-cewek yg ane pdkt gak lanjut kemana-mana yah.
    btw MGTOW nya ditunggu bang.

Leave a Reply

Information

This entry was posted on January 11, 2016 by in Inner Game, Opini, Outer Game.
