Laki Tulen

Reclaim Your Manhood Today!

FOKUS!

focus-on-your-dream

Network Marketing

Yah jujur, gue belakangan ada momen panik juga, karena salah satu bisnis yang gue coba kembangin ga jalan. Jadi gue mengambil kesempatan network marketing, dan sempat kedistract kesana.

Lately, gue udah mulai dapetin pacenya lagi, dan priority gue set ulang. Network marketing dari awal memang sebenernya sih gue pengennya sekedar sambilan, tapi sempat beberapa waktu gue mulai condong ke situ. Jelas gimana engga. Yang ngajakin gue orangnya credible banget, udah main duit seumur hidup dia, dan kalo lo liat sendiri gimana dia persuade gue, you’ll probably do the same thing.

Not smooth talk, tapi dia justru ngotot berapi-api.

Pernah ga lo ngerasa, orang disekitar lo tuh ga waras semua. Dan pas lo ngomong hal yang lo TAU bener, ga ada yang ngacuhin elo.

Yeah, itu gue rasa yang ada di pikiran dia waktu dia persuade gue masuk.

I mean, orang ini, mantan bos gue. Orang ini mulai dari bawah, dan sekarang claimnya dia besar karena network marketing. Dan dia kayak kesetanan waktu ngajakin gue. “Ini sistemnya SAMA PERSIS seperti yang saya jalanin dulu! Kalo ga lo ambil, ini sayang banget!”

Dan yah, emang orang ini niat banget, bahan presentasi dia buatin khusus buat para downlinenya sampe pagi. Malem gue mo konsultasi sama dia langsung ke apartmentnya dia, dia bilang “dateng aja, tapi saya baru sampe rumah jam 2”. So gue kesana jam 2 pagi, dia jelasin dengan sabar.

But, emang gampang-gampang susah. Terlebih lagi seumur hidup baru kali ini gue ikutan beginian.

Orang ini sangat organized banget. Dia ngetrack, bikin jurnal progress dia tiap hari. Pas dia tunjukin, memang progressnya gila banget.

Dalam 2 bulan, dia udah nembus seratus juta. Dan itu income dia bersih. I’m not even kidding. Yaa minus bensin dan nraktir orang buat diprospek.

The main problem sama gue sih, gue bukan orang yang punya komunitas besar. In fact, kek yang gue bilang, gue masih lebih prefer di pengasingan. I enjoy my own little world.

Tapi ya tetep gue jalanin, back to the first plan : sembari jalan. Ga takes time banyak banyak, cuma pas kalo ada hot lead, tinggal gue set meeting, samperin dan gue jelasin. Setidaknya target market jauh lebih luas dari bidang gue.

Ya boleh sih coba aja

So, hari ini gue meeting sama partner gue. Karena besok gue bakal ada meeting sama client besar.

Begonya gue, gue udah ada hot lead dari bisnis kita, tapi ga pernah gue follow up selama ini.

Pas gue follow up lead itu, yang bersangkutan langsung minta meeting.

Partner gue keknya dengan frustrasi ngomong “kan udeh gue bilang!”. Ngok. Nancep juga digituin.

Pas meeting tadi dia juga cerita, betapa frustrasinya temen dia ngedengerin gue belok-belok.

“Aduh itu si Joe kok ga fokus gitu sih! Kalo ga fokus mana bisa!”

Dan inget temennya dia ini sama-sama supplier utama di Jakarta. Omset 1 M lebih perbulannya.

Ga luput, mereka berdua gue prospek sembari jalan juga. Tapi gue rada kecewa dengerin mereka bilang “ga ada waktunya”.

Well, ada upline gue yang udah jadi country manager perusahaan internasional, resign khusus fokus ke network marketing ini. Dia udah punya 3 PT sendiri, dan dia compare sama network marketing ini. Hasilnya, dia resign dari jobnya dia, PTnya ditaro orang lain, dan dia sendiri fokus ke network marketing ini.

So, kenapa ga mau? Why not? Dan sejauh ini, yang grup gue lakuin cuma ngepost di social media.

Partner gue dan temennya bukan orang yang suka pake social media ternyata. Sure partner gue punya facebook, tapi ngepost pun jarang-jarang. Temennya sendiri, pertanyaannya dia soal Facebook itu bener-bener konyol. “Buat apa sih?”

Sejujurnya, memang bener sih. Dan itulah bedanya orang-orang ini sama orang-orang kebanyakan. Mereka sangat sibuk doing their business.

Hey, sebelum ada facebook, people survived anyway. Facebook asli gue udah gue wipe contentnya. Walo accountnya belum gue hapus, karena gue masih pake messenger dan yaaa lumayan buat marketing ntar gue rasa.

Partner gue emang kalo tiap meeting di kantornya dia selalu hell banget kalo gue liat. Krang kring melulu, either dari customer yang komplen, masalah di kantor, karyawan yang ngebandel, sampe hal sepele kayak beli perlengkapan kantor. Mana sempat mainan social media?

In the end, setelah gue prospek, partner gue cuma bilang “ya boleh sih kamu coba aja”.

Ini bukan passion elo

Gue masih jalanin network marketing ini. Dan didalamnya gue ketemu banyak orang baru. Tambah satu lagi mentor. Ini orang ga main-main. Venture capitalist. Dalam arti, yang dia lakuin kesehariannya dia invest ke bisnis baru (startup) dan ngebiarin orang lain yang ngejalanin.

Karena dia masuk kubu network marketing, ya jelas dia ngotot narik gue ke kubu dia. Dan yang dia lakuin cukup banyak ke gue. Contohnya, kemaren dapet hot lead “sini gue bantuin presentasi”.

Prospekan gue mana minta pindah tempat pula hari itu. Jadi udah malem, bermacet-macet ria gue dengan pahitnya harus nyampein “men, ini dianya lagi di X, gue kesana”.

“aduh itu beneran ga sih? lo udah konfirm?”

“udah”

“dianya mau ga sih?”

“mau, lah wong dia yang nanya gue duluan ini apaan”

“ya udah ya udah gue kesana”

Kedengeran banget suaranya jengkel berabis.

Tapi dateng dia tetep ceria tampangnya walo keliatan capek. Kadang kalo gue ngangkat stupid stuff ke prospekan gue itu, dia jadi jengkel. Udah jauh-jauh, bermacet-macet ria, pindah tempat pula. Tapi tetep kadang gue cengin juga. Maaf ya I can’t help it lol.

Baru-baru ini, gue juga ketemu sama orang yang ngebantu gue nemuin passion gue. Dia banting setir 100%, dan dia bisnis sendiri. Tepatnya guru les gue jaman gue kuliah. Ternyata venture capitalist sama guru gue ini udah saling kenal.

Guru gue bilang ke gue “ini bukan passion elo”

… tapi jelas gue juga ngeliat bahwa realitanya memang BELUM bisa ngasilin uang banyak kalo di indonesia. Dan dia sendiri banting setir. Bisnis dia yang sekarang sukses sekali, doi jadi kontraktor. Beberapa proyek yang dia kerjakan termasuk diantaranya grup A**** P*******. Bukan main-main artinya.

Tapi keliatan dia passionnya masih di bidang kita. Sama kayak partner gue. Dia encourage gue balik ke passion gue.

So memang, gue jadi agak bingung.

Business

Partner gue frustrasi tadi pas meeting ketika dia ngeyakinin gue “lu udah dapet deal ratusan juta dari, masa iya elo ga liat itu? Itu udah petunjuk elo! you’re making money! elo dah ngasilin duit disitu!”

Gue ga mo ngebullshit, ratusan juta itu dealnya, tapi masih dipotong harga produk, dalam kita cuma dapet margin (end user price – reseller price) sama pembagian ke partner gue.  Still kalo diitung jauh lebih gede di kantor terakhir gue dan itu gue terima bulanan. Sedangkan disini, ga teratur. Bisa berbulan-bulan gue kosong.

Nah disini gue jadi panik. Karena setelah itu gue clueless mo kemana lagi setelah masuk yang itu.

Diluar itu, gue masih tergolong sangat santai.

Gue lumayan kaget ada temen gue yang jalanin start up, dia baru tidur jam 6 pagi, atau malah kadang ga tidur sama sekali.

Beberapa orang yang gue tau jalanin bisnis,diantaranya kondisi fisiknya menurun. Guru les gue, kena tifus 3 kali, jadi dia harus makan tiap 2 jam sekali karena dinding lambungnya sangat tipis. Dulu pernah ngerjain proyek freelance yang masukin proyek ini kena maag dan harus dirumah sakitkan.

Beberapa temen gue juga sempat ngontek gue, padahal mereka udah jalan bisnis sendiri dan kedengeran cukup mapan. Khususnya pas waktu gue masih di kantor terakhir. Kenapa mereka ngontek gue? Minta kerjaan. Karena bisnisnya lagi sepi. However, terakhir pas gue kontek, untungnya bisnisnya mulai pace up lagi.

That’s business for ya.

It’s not all rainbows and unicorns.

Ini mendekati gambling/judi tapi didampingin super hard work.

Ga bisa dipungkiri, getting at the right place and the right time, singkatnya : “luck” itu juga salah satu faktor penentu.

Business Atau Kerja

Ini gue inget banget sempat jadi diskusi panas di grup kaskus lair. Karena beberapa orang menganggap rendah kerja di perusahaan. Dan gue sempet muak karena kerjaan terakhir gue khususnya karena manajemen berganti dan peraturan baru yang ga masuk akal.

Pikiran gue yang keluar waktu itu : kalo gue kerja sekeras ini buat orang lain, kenapa ga kerja sekeras ini buat diri gue sendiri?

Ditambah lagi waktu gue jadi sales manager, gue ga nyangka, bahkan lo bisa menjual hal yang tersedia alternatifnya dengan gratis. Atau malah orang yang udah jalan dengan alternatif gratis itu mereka beralih pindah ke produk kita. Team sales gue emang top gila.

Disitu ngebuka mata gue banget : o bisa ya? damn. Napa ga dari dulu kepikiran?

No excuse, Result yang saat ini kesalahan sepenuhnya emang ada di diri gue. Ya baca aja diatas deh.

Dan like I said, gue tergolong masih santai dibandingin yang lain.

Nah, problem yang gue mo angkat disini begini. Bener, kerja di perusahaan orang lain itu aman. Dalam arti lo dapet jamsostek, dapet tunjangan ini itu, perbulan pasti masuk.

Bener juga, bisnis itu ga selalu lebih gede dibandingin karyawan. Buktinya? Gaji Direktur Bank Mandiri jelas jauh lebih gede dibandingin kebanyakan bisnis lokal.

TAPI, you’ll face a much more dangerous risk : terhanyutkan sama kenyamanan.

Orang yang bisa mencapai posisi direktur atau CEO itu sedikit.

Sama kayak bisnis yang bisa sukses cetar membahana.

Beberapa co-worker gue yang jaman dulu, masuk ke company internasional di luar negeri, tapi selama bertahun-tahun mereka ga pernah naik jabatan. Sampai detik ini. Mereka mungkin bisa naik jabatan jauh lebih tinggi dari gue di company terakhir kita kalo mereka stay disitu.

Ini juga salah satu dilema kerja : join perusahaan gede, bonafit, salary besar dengan semua jaminan terpenuhi tapi naiknya setengah mati, atau join company baru yang masih meraba-raba dengan kesempatan naik jabatan dan salary lebih kecil?

So far sih pertimbangan gue sekarang gue ada 5 mentor business people. Dan mereka dengan senang hati melatih gue, getting me back up to the right track. Ngasih konsultasi gratis, kasih nasehat dsb. Masa iya gue buang kesempatan itu?

It’s all about choice sebenernya.

Both have similar risks.

Ilusi keamanan itu lebih bahaya kalo menurut gue.

You’re not safe. Not ever. Nor will ever.

Gue sempat bimbang kayak orang gila pas mempertimbangkan quitting my job

Gue juga sempat kehilangan arah

Gue juga sempat hampir patah arang

Tapi yang terutama setelah gue mulai sendiri, gue clueless on what exactly to do. Gue ga tau mesti ngelakuin apa, tapi yakin gue ngelakuin hal yang bener. Delusional, singkatnya.

Gue tau tujuan gue kemana, tapi yang gue lakuin kelamaan mempersiapkan dan ngurusin hal-hal yang engga-engga.

Sebagai contoh, gue malah bikin suvenir dbandingin cari customer. Padahal belum ada yang masuk.

Gue juga ngerasa tau, karena gue udah banyak baca buku, khususnya biografi bisnisman yang tenar sama baca-baca advice mereka. Persis ketika baru selesai baca The Game dan materi-materi seduction lainnya. You will probably experience this too.

Gue bukan menyarankan quit your job.

Tapi cuma mengingatkan jangan pernah berasumsi keamanan itu telah lu raih.

Like, EVER.

Lo kerja di perusahaan bonafit?

Bisnislo udah stabil?

Coba silakan research sendiri company-company gede yang bankrut di tahun belakangan. Safe? Aman? Dua-duanya sama resikonya.

God love me or what?

Ortu gue udah mulai nerima lagi pilihan gue ditambah entah kenapa partner gue ini baik banget.

“Joe, lu butuh bantuan apa, bilang aja”

Dan selama ini expenses company kita masih dia yang nanggung semua.

Actually, upline gue juga top.

Jauh-jauh dateng ke meeting presentasi prospekan gue.

Nah hal ini juga pedang bermata dua buat gue.

Kalo gue lengah, bisa-bisa gue kemakan sama pertolongan mereka dan mulai berpikir “ah ntar juga ditolongin”. Ini yang sangat berbahaya.

In the end, it’s all about choice memang. Semua ini soal pilihan.

Tapi jangan disangka kerja di perusahaan itu 100% aman. Always assume you’re expendable. Company bisa tutup, lo bisa dipecat, atau stuck disitu-situ aja seumur hiduplo. Think about it for a moment. Pikirin sejenak.

WAKE UP!

So far, gue udah kayak dijitak. Bangun lagi.

N I got to back on track and getting my pace up again.

Bonus :

Ini show yang lagi gue getol tonton, Hell’s Kitchen. Itu orang yang teriak-teriak namanya Gordon Ramsay.

Silakan google mengenai doi. Some awesome lessons in his shows too. Kalo perlu cari history tentang dia sekalian. Prolly nanti kalo sempat, gue bahas tentang doi.

Cheers.

Leave a Reply

Information

This entry was posted on June 11, 2015 by in Field Report and tagged , , , , .
