Laki Tulen

Reclaim Your Manhood Today!

Sales

Kasus ane soal salesmenship
Akhir2 ne ,ane ma tmen bikin usahajualan kecil2n makanan tradisional, setiap hari minggu pagi saat car free day Di jalan udayana.Awalnya jualan di pinggir jalan kyk yg lain tp supaya cpet laku akhirnya kita mutusin bwt approach j* jemput bola istilahnya* , masalahnya ada waktu ane dsuruh nawarin makanan model salesman* bukannya ngerendahin tp ane setiep ketmu sales suka sebel cz mreka crewet, kadang suka maksa n gak jarang bohong jg. Nah bayangin dah krg ane jadi salesnya. Perasaan2 itu yg bikin maju mundur nawarin jualan ane,jadinya gak nyaman n so pasti mo approach calon buyer udah d tolak duluan, kadang ngomong jg jd gak tertata…
Yg bikin tetep nekat maju cuma pas liat jualan ane lok gak laku sa gagal, jd dengan cm t ane maju j.

Apa ya yang harus ane lakuin n perbaikin supaya lancar?

Ini SPG clavo yang gue rekam sendiri, udah minta ijin langsung sama orangnya :
Itu SPG cantik, tetep aja ditolak sama orang-orang, ngomong aja belon.
Jadi jangan cengeng lah. Masa kalah lo sama cewek?
Maaf aja, sama kayak seduction, emang ga ada obat atau taktik/teknik super mujarab buat jualan. Bedanya, kalo sales jualan produk, entah apa itu produknya, sedangkan seduction produknya jelas ya diri elo sendiri.
Yang jelas lu harus pede dan yakin kalo produklo bagus. Kalo lo ditanya juga jawab yang teges, jangan a i u.
Juga yang jelas, lo harus CINTA sama produklo, dan itu passion elo. Kalo lo sekedar jualan cuma buat bertahan hidup, well, itu yang repot. Ato misalnya mimpi kaya mendadak karena produk sebelumnya jadi hits, silakan mimpi terus.
Contoh kasus realnya itu waktu Maicih booming di bandung. Yang lain ikut-ikutan bikin keripik basreng.
Salah satu client gue waktu gue udah mulai berdiri sendiri itu dari salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia.
Meeting pertama, gue ga bawa apa-apa, bawa badan aja.
Bohong? Engga pake. Banyak omong? Engga, gue lebih banyak dengerin. Sisanya gue kasih fakta dan gue ga menjanjikan yang muluk-muluk.
Enaknya kalo begini, kalo client yang ngawur, biasanya dia yang ngaku sendiri (kalo orangnya bagus). Kebetulan client gue waktu itu orangnya becandaan, asik. Gue juga menyetarakan diri gue selevel sama dia, jadi gampang akrabnya.
Alhasil si client puas, gue minta testimonial langsung dikasih besokannya. Gue rada tengsin liat testimonialnya tuh lebay banget. Tapi gak gue edit coz itu emang yang dia tulis.
Sisanya gue ga pernah ketemu sales tukang boong. Cerewet mungkin iya. Rada maksa ya sering. Yang ada gue kena tepu di Singapore, sebuah negara kecil yang modern dan maju.
Coba sih gue mau tau, sales mana yang sering ngebohongin elo?
Belakangan gue malah lebih nyaman beli apa-apa di Indonesia. Contoh kasusnya waktu mau ambil laptop, di Singapore banyak laptop yang gue naksir yang ga masuk ke Indonesia. Tapi banyak praktek texas switch disana. Gue nanya-nanya seri apa, yang dikeluarin seri apa. Untung aja gue belon bayar ato sign apa-apa. Balik indo, datengin pameran, deal di tempat, ambil barangnya ditoko, sesuai. Dapet garansi resmi, kenapa-kenapa bawa ke service centernya beres.
Mungkin kalo di indonesia ya banyaknya tukang obat yang suka bikin pertunjukan di kampung atau SMS tukang tipu yang bilang menang hadiah dari bank. Tapi kalo sales beneran kayaknya sih jarang deh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 6, 2015 by in Opini and tagged , , .
%d bloggers like this: