Laki Tulen

Reclaim Your Manhood Today!

Sim Lim Saga dan Janji-janji Sorga

Sim Lim Square

Mungkin lo udah baca berita soal Pham Van Thoai yang kena tipu di Sim Lim Square, Singapore khususnya seminggu-dua minggu belakangan ini.

vietBeenCheat051114e

Dan gue udah cerita gue pernah kena hal yang sama di mall yang sama disana. Silakan baca di artikel “Congruence”

https://lakitulen.wordpress.com/2014/01/12/congruence

Walopun gue pernah jadi korban, tapi gue bener-bener gregetan baca-baca berita soal Mobile Air dan bossnya yang bernama Jover Chew.

AL-jover-chew-0611e

Walopun mungkin dia ga on-the-spot waktu kejadian ini, dan mungkin salesnya dia yang lagi jaga, tapi tetep keliatan gimana “culture” yang dia kembangbiakkan di tokonya itu seperti apa. Guru kencing berdiri, murid kencing berlari.

Gue ga tau dan ga mau berasumsi, apa yang nyebabin toko-toko di Sim Lim Square itu segitu desperatenya. Imbasnya, karena berita ini nyebar luas sampe ke luar Singapore, satu singapore kena. Tapi khususnya, semua toko di Sim Lim Square itu kena semua, dan mungkin dari mereka ada yang jujur.

Tapi gue ngomong apa adanya deh, kalo gue mampir ke singapore lagi, gue ogah berbelanja elektronik disana. Dan dua tempat yang harus dihindarin kayak penyakit itu Lucky Plaza dan Sim Lim Square. Sisanya, perbedaan harga ga terlalu jauh dengan elo beli di Indonesia langsung.

Kalo beli kaos atau semacemnya ya ga masalah sepertinya. Coz gue dapet banyak kaos suvenir dari singapore yang lucu-lucu.

Rule of thumbnya : if it’s too good to be true, then it probably is.

Mungkin lucu ya, tapi elo belon bener-bener “experienced” Singapore sepenuhnya kalo lo belon kena tipu sama toko di Sim Lim. Temen-temen gue yang pernah kerja disana sepakat.

Umumnya, mereka nargetin turis, karena biasanya setelah si turis cabut, mereka ga akan kembali lagi.

Ini artikel soal toko yang sama, Mobile Air, dimana turis dari Mainland China dikasih refund, tapi dalam bentuk recehan kecil dan disuruh mungutin semuanya sendiri :

http://singaporeseen.stomp.com.sg/singaporeseen/this-urban-jungle/watch-how-sim-lim-shopkeepers-made-woman-pick-up-refund-of-1010-in-coins-scattered

Entah apa yang bikin mereka bertingkah seperti ini. Tapi biasanya sih karena kehidupan mereka terlalu keras.

Ya, gue bukan sekali dua kali kena tipu dan bukan cuma di Singapore aja. Di Indonesia juga pernah kok beberapa kali. Shit happens.

Perlu lu inget, bahwa toko yang gue kena tipu di Sim Lim beda toko lagi lho. Satu toko handphone, dua toko komputer (satu nitip temen, satu belum beli apa-apa). Temen gue juga pernah kena tipu di toko kamera. Jadi, kalo gue rasa sebagian besar toko disana udah ga layak buat belanja.

You Reap What You Sow

Di kandang sendiri, Jover Chew bisa bertindak sewenang-wenang seenak udelnya. Dan biasanya para pengunjung Sim Lim Square yang lain ga banyak berani bertindak. Apalagi sesama toko. Mereka biasanya saling berdiri sendiri dan ga mau tau urusan toko sebelah.

Yang jelas, setelah kejadian ini, dan videonya jadi viral :

Mobile Air jadi bulan-bulanan netizen Singapore, khususnya dipeloporin sama fan page facebook yang bernama SMRT ltd. Feedback. Fan page satir yang nyinggung soal ketatnya peraturan di SMRT di Singapore.

Fan pagenya sendiri terdiri dari para hacker, dan gilanya semua data pribadi milik Jover Chew bisa mereka dapetin dengan mudah. Dari nomer telpon sampe photo-photo pribadi.

Pada akhirannya, Jover Chew menghilang, dan bininya yang disuruh pasang badan. Sisanya, tinggal tunggu waktu sampe semua bisnisnya dia dibongkar di page tersebut.

big_thumb_76f7

Cyber Bullying macem begini bukan monopoli negeri seberang doang. Inget kasus Florence, yang nyerobot waktu isi BBM?

http://www.kabar24.com/nasional/read/20140828/66/228066/ini-florence-wanita-yang-menghina-yogyakarta-karena-tak-mau-antri-saat-beli-bbm

Jadi, ya simpulkan sendiri aja. Act RESPONSIBLY. Baik offline maupun online.

Mungkin elo bisa jadi kalo pas waktu online, elo merasa aman, karena elo berada dibalik layar monitor. Dan karena hal tersebut, elo menjadi yang namanya keyboard warrior.

Harap sadar, dunia maya statuslo ga berarti apa-apa, dan cepat atau lambat, identitas asli elo bakal diketahuin kok.

Pada akhirnya, semua bisnis dan branch yang berhubungan sama orang ini, reputasinya berantakan berkeping-keping. Termasuk toko bininya yang bernama J2 Mobile.

screenshot-2014-11-16-09-07-43

Enak ga dapet respon kayak gitu? Dan semua komen di facebook pagenya dihapus semua. Good luck living on hell.

Integrity & Congruence

Setelah berita ini jadi viral, banyak orang Singapore yang pengen ngebantu si korban. Salah satunya, proyek IndieGogo yang dijalankan oleh Gabriel Kang. Harga iPhone 6 di kisaran $1000, tapi baliknya dia dapet $12000 :

https://www.indiegogo.com/projects/we-need-to-make-this-right-send-him-an-iphone6

Berita terakhirnya, Pham Van Thoai cuma minta uang senilai apa yang dia kehilangan waktu urusan sama Mobile Air. Which is sekitar $1000. Sisanya, dipake buat korban-korban Sim Lim lainnya,

http://news.asiaone.com/news/singapore/sim-lim-scams-student-reduced-tears-after-being-charged-1k-iphone-warranty

Kesimpulannya? Orang jujur di dunia ini jarang. Bisa aja lo cari “shortcut” buat jadi kaya dalam sekejab, tapi gue pernah bilang juga toh.

Duit gampang dicari. Tapi reputasi itu susahnya setengah mati.

Setelah kasus Mobile Air, semua orang deket Jover Chew dibongkar abis-abisan, termasuk orang-orang yang ga berhubungan langsung sama kasus Pham Van Thoai.

For every action there’s consequences.

Karma itu nyata. Bukannya dalam pengertian “mambo jambo” kayak “kekuatan jagat raya” dan semacamnya.

Sekarang, gue pengen tau, apakah Jover Chew bisa tenang sekarang hidup sehari-hari di singapore?

Karena mukanya udah beredar luas sebagai penipu.

Bisnisnya dia rontok satu-per-satu secara perlahan.

Inget soal review Wolf of Wall Street?

https://lakitulen.wordpress.com/2014/02/07/the-wolf-of-wall-street

Internet Jungle

Salah satunya :

internetmarketing

Jadi pengangguran, income 30 juta per hari. Bikin ngiler ya? Jelas, siapa yang ngga mau. Sebenernya ga usah wirausaha, ngemis aja bisa 20 juta per bulan kok. Ini 30 juta per hari. Anehnya sihhh… dengan semua “bukti” yang dia paparin di webnya, punya mobil 500 juta dan rumah mewah di kawasan elit jakarta seharga 1 milyar, bikin logo sendiri kok ga mampu? Ini logonya :

logo

Jangan lupa, gue ini gamer dan komputer geek. Itu logo perusahaan game.

http://unity3d.com

Yaelah mas/mbak… mampu beli rumah mewah 1 milyar, beli mobil 500 juta bikin logo kagak mampu? Di kaskus bikin logo itu di kisaran 200-300 ribu doang kok.

Yaaa kali emang mo berhemat, kan hemat pangkal kaya😀

Inget praktek seperti ini gencarnya dimana? Kebanyakan MLM sih. Tapi di internet sekarang semakin gencar juga.

3085946_20140517120304

Gue ga bilang MLM itu 100% penipuan, dan emang ada buktinya. Salah satunya bos gue yang memulai karirnya dari MLM :

https://lakitulen.wordpress.com/2014/01/05/artikel-pertama-2014

Tapi seringkali orang gampang kemakan janji-janji surga semacam ini.

Dan baca sendiri deh interview gue sama bos gue itu. Seberapa jauh dia berinvestasi dan seberapa serius dia ngejalaninnya.

Kalo cuma angin-anginan doang ya tetep lah mending lo ke laut aja.

Sama juga soal internet marketing. It’s real. Dan elo harus pelajarin berbagai macam, dari konten, sampe SEO. Dan ini tetep perlu investasi dan fokus.

Nah, soal janji-janji sorga, kalo begini kasusnya, salah siapa? Jangan salahin yang jualan. Kenapa yang beli begitu lugunya sama janji sorga yang norak semacam itu?

Dan bidang seduction juga ga beda jauh. Banyak janji-janji sorga yang beredar.

Nah salah satunya kemaren ada yang sempat nanya soal salah satu produk dengan tagline “cara licik menjajah cewek cantik”.

Bro… maaf aja kalo gue bersikap keras sama post kayak gitu. Lo udah mulai berpikiran miring dan mungkin udah sedemikian desperatenya. Jadi sori aja gue ga toleransi post-post macam gitu di IndoPUA sama Kaskus Lair.

Silakan beli produknya tapi jangan mampir lagi di grup IndoPUA maupun Kaskus Lair.

Seduction itu mutual, saling memberi.

Diluar itu, sori gue ga mau urusan sama elo.

“Moral”

Ya, gue akuin, gue pun bukan malaikat sebenernya. Pahamin satu hal juga, dunia itu abu-abu. Ga ada hitam dan ga ada putih.

Tapi yang jelas, soal “moral” itu sebenernya udah jadi sifat alamiah kita, yang udah diprogram sama alam.

Ini salah satu indikasinya :

http://edition.cnn.com/2013/01/19/health/chimpanzee-fairness-morality

Walaupun researchnya ga konklusif, tapi mungkin lo bisa menarik satu dua pelajaran dari sini.

Hubungannya ke seduction? Udah gue angkat di artikel soal congruence juga.

Lo boleh aja ngebual biar bisa dapet pasangan atau sejenisnya.

Dan ini emang jadi kasus nyata sama orang yang gue kenal.

Dia ngebual ke pasangannya, bahwa rumah yang dikontraknya yang lumayan gede, itu hak miliknya dia.

Kasih liat mobil dan semacamnya. Nunjukkin kalo dia ini punya status dan harta, tapi sayangnya semua itu nipu.

Hasil akhirnya, sekarang dia cerai dengan dua anak. Waktu terakhir ketemu sama dia, wajahnya lesu banget.

Atau mungkin lo ngebual buat dapet sales produk elo. Bisa jadi beberapa hari awal, elo dapet angka yang fantastis. Tapi kedepannya gimana?

https://lakitulen.wordpress.com/2014/05/02/short-term-goal-vs-long-term-goal

Kalo lo percaya produklo keren, dan elo sendiri ga keberatan memakainya, gue rasa elo ga perlu ngebual ato nipu segala kan?

Kalo dari sisi konsumen, gini aja, lagi-lagi cuma satu rule of thumbnya : if it’s too good to be true, then it probably is.

Cheers~

One comment on “Sim Lim Saga dan Janji-janji Sorga

  1. Pingback: Rich men get richer, poor man get more poor | Laki Tulen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 16, 2014 by in Opini and tagged , , , , , , , , , , , , .
%d bloggers like this: