Laki Tulen

Reclaim Your Manhood Today!

Film-film Wajib Tonton Buat Para Cowok

Udah cukup lama mo bikin post ini, tapi gue sibuk banget belakangan. Udah kesimpen di draft, tapi ada aja dan bahkan sempet lupa kalo gue udah bikin draftnya. Mumpung gue inget, gue selesaiin aja deh kali ini.

Walaupun film adalah fiksi, tapi ada beberapa film yang bener-bener nyentil pemikiran alam bawah sadar elo, dan membuat elo berpikir ulang mengenai apa itu “kehidupan”, dan beberapa bahkan bisa ngejelasin ke elo, apa itu artinya jadi cowok.

Ini rekomendasi gue :

Fight Club

MV5BMjIwNTYzMzE1M15BMl5BanBnXkFtZTcwOTE5Mzg3OA@@._V1_SX214_AL_

Ini film menjadi basis pemikiran gue, yang juga menjadi sebagian besar fondasi pemikiran dari seduction community. Salah seorang tokoh yang ditampilkan di The Game juga termasuk Owen Cook yang menggunakan nickname “Tyler Durden”. Dulunya pas gue tonton film ini pertama kali, it’s nothing but a bunch of punk dan para anarkis yang kurang kerjaan beating up each other. Tapi semakin sering gue tonton, film ini jauh lebih dalem dari itu, terutama dari sisi filosofisnya. Film ini mengenai anti-consumerism dan soal mendobrak pola pikir masyarakat umum, khususnya para “drone” yang menghabiskan waktunya untuk diterima di dalam masyarakat.

Quote paling favorit :

“This is your life and it’s ending one minute at a time.”

“People do it everyday, they talk to themselves… they see themselves as they’d like to be, they don’t have the courage you have, to just run with it.”

“I say never be complete, I say stop being perfect, I say let’s evolve, let the chips fall where they may.”

Troy

MV5BMTk5MzU1MDMwMF5BMl5BanBnXkFtZTcwNjczODMzMw@@._V1_SY317_CR0,0,214,317_AL_

Ini film yang ngexploitasi manhood beneran. Achilles itu bener-bener tokoh yang ditampilkan sebagai go-getter, apapun yang terjadi pokoknya dia mau sesuatu, dia raih. Ga pake basa-basi dan ga banyak mulut.

Intinya, WAJIB TONTON!

Quote paling favorit :

“Be careful king of kings, first you need the victory”

“Myrmidons! My brothers of the sword! I would rather fight beside you than any army of thousands! Let no man forget how menacing we are, we are lions! Do you know what’s waiting beyond that beach? Immortality! Take it! It’s yours!”

Kingdom of Heaven

MV5BMjE2MTIwNjg0MV5BMl5BanBnXkFtZTcwNjAxODIzMw@@._V1_SX214_AL_

Buat nyeimbangin Troy, sosok Balian of Ibelin yang ditampilkan lebih pasif dan lebih bijak. Ini film menonjolkan soal respect terhadap lawan elo. Tema yang diangkat memang agak sensitif, khususnya ini soal Crusaders di Jerusalem dan nyinggung soal politik dan agama samawi (christian & islam). Tokoh Balian of Ibelinnya sendiri digambarkan netral, walo dia ada di pihak crusader.

Quote paling favorit :

“What man is a man who does not make the world better”

“The kingdom of heaven is here (hati) and here (pikiran)”

The Matrix

MV5BMTkxNDYxOTA4M15BMl5BanBnXkFtZTgwNTk0NzQxMTE@._V1_SX214_AL_

Satu lagi film yang awal pas gue tonton bikin garuk-garuk kepala. Filosofinya cukup dalem. Sequelnya ancur, dan menjadi film action yang datar, dangkal dan terlalu berusaha keras untuk menjadi filosofis. Yang pertama ini yang the best. However, kalo emang pengen nonton trilogynya, pahamin dulu film pertamanya ini.

Quote paling favorit :

“Nobody makes the first jump”

Glengarry Glen Ross

MV5BMTM5MjYyNTQ5MF5BMl5BanBnXkFtZTgwMDM1MzcxMTE@._V1_SX214_AL_

Filmnya boring, cuma banyak obrolan diantara tiap tokohnya. Mengisahkan para salesman, dan soal “salesmanship”. Mirip The Matrix dan Fight Club, perlu ditonton beberapa kali supaya elo bisa nangkep deeper message dari film ini.

Ini filosofi paling brutal dan paling jujur mengenai kehidupan. Orang ga peduli apakah elo ini “nice” atau engga. Dunia cuma bakal peduli kalo elo BERPRESTASI.

Quote paling favorit :

“Nice guy? I don’t give a shit. Good father? Fuck you! Go home and play with your kids. You wanna work here – close! You think this is abuse? You think this is abuse, you cocksucker? You can’t take this, how can you take the abuse you get on a sit? You don’t like it, leave.”

Pirates of Silicon Valley

MV5BMTU1NTE3MjAwNF5BMl5BanBnXkFtZTcwNjEyOTkyMQ@@._V1_SY317_CR24,0,214,317_AL_

Kisah Steve Jobs VS Bill gates. Gue lebih suka Pirates of Silicon Valley, karena lebih interesting ceritanya dibandingkan Jobs (2013) yang dibintangin sama Aston Kutcher.

Buku soal Steve Jobs juga gue koleksi, satu aja yang ga gue beli, dulunya boleh minjem, tapi itu buku terkeren yang pernah gue baca, judulnya iCon : The Greatest Second Act in the History of Business.

Kisah Steve Jobs ga pernah bikin gue bosen. Dan kalo ngikutin cerita-cerita seperti ini, biografi atau semacamnya, seengganya lu bisa belajar soal karakter tokoh-tokoh yang beneran ada di dunia nyata itu.

Jobs sekali waktu ditendang dari company yang dia bikin sendiri, Apple. Tapi dia ga pernah patah arang. Ini gue salutnya sama dia.

Industri PC (Personal Computing) dimulai dengan Macintosh.

Dan, iPhone bener-bener mengubah industri handphone saat ini. Smartphone mana jaman sekarang yang ga pake layar sentuh?

Atau, siapa yang ga kenal sama gadget yang namanya “tablet?”. Gara-gara tablet iPad juga industri hardware PC kena imbasnya, karena orang-orang awam yang mainstream sekarang lebih memilih pakai tablet dibandingkan membeli PC. Padahal tablet itu bukan sesuatu yang baru, cuma Apple menyempurnakan konsep “tablet” tersebut. Berkali-kali Apple bikin revolusi teknologi, dan yang lain mengikutinya.

Jadi maklum, kalo gue keliatan agak Apple fanboy, walo gue ga sefanatik itu, gue tetep pake device apapun yang nyaman buat gue.

Quote paling favorit :

“We’re here to make a dent in the universe. Otherwise, why even be here?”

The Social Network

MV5BMTM2ODk0NDAwMF5BMl5BanBnXkFtZTcwNTM1MDc2Mw@@._V1_SX214_AL_

Mirip seperti Pirates of Silicon Valley, tapi ini menceritakan soal foundernya Facebook, Mark Zuckerberg.

Bocah mahasiswa Harvard yang bikin gebrakan sampai Facebook jadi penyebab turunnya kinerja di lingkungan kerja.

Facebook itu sangat addictive, dan saat ini udah masuk hitungan miliaran pengguna di seluruh dunia.

Quote paling favorit

Sean Parker: You think you know me, don’t you?
Eduardo Saverin: I’ve read enough.
Sean Parker: You know how much I’ve read about you?
[whispers]
Sean Parker: Nothing.

“When you go fishing you can catch a lot of fish, or you can catch a big fish. You ever walk into a guy’s den and see a picture of him standing next to fourteen trout?”

The Wolf of Wall Street

MV5BMjIxMjgxNTk0MF5BMl5BanBnXkFtZTgwNjIyOTg2MDE@._V1_SX214_AL_

Film ini udah dapet post special dari gue disini.

Spread

MV5BNzY5NjMzNzUwN15BMl5BanBnXkFtZTcwNTQ1ODY2Mg@@._V1_SY317_CR0,0,214,317_AL_

Entah kenapa kok dimasukin kategori comedy sama imdb. Film ini jauh dari lucu sebenernya.

Yang jelas, film ini nyeritain tentang womanizer yang mikir jangka pendek. Karena dia dapet perlakuan spesial dari semua cewek yang digaetnya, salah satunya cewek tajir yang punya rumah diatas bukit dan ada kolam renangnya segala, dia ga banyak invest dalam ngebenahin hidupnya sendiri.

Persis seperti cerita tentang Joe, gembel yang menaklukkan 156 wanita dalam hidupnya.

Jackass 1, The Lost Tapes, 2, 2.5, 3D, 3.5 & 4 (Bad Grandpa)

MV5BMTkwNTM5ODczOV5BMl5BanBnXkFtZTcwODk3MzUzMQ@@._V1_SY317_CR6,0,214,317_AL_

Nah buat ngimbangin film-film filosofis diatas tersebut, Jackass series ini bener-bener junkfood buat otak elo. Ga ada cerita, ga ada plot, nothing. Just bunch of retarded guys doing some crazy shits. Kalo boleh dibilang Twilight itu ultimate chick flick, dan cowok ogah nonton twilight, Jackass ini pure dudeflicks dan gue jamin cewek ogah nontoninnya.

Segoblok apapun series Jackass ini, tapi ini menggambarkan sesuatu yang berbalik dari pandangan masyarakat umum. Just do stupid stuffs, and you’ll be awfully rich. Series yang mirip sama Jackass yang dulu gue ikutin itu termasuk Viva La Bam. Dan sebagian besar kru Jackass dan Viva La Bam ini masih orang-orang yang sama. Dan mereka doing something they enjoy the most, and get very rich with it. Sebagian besar dari mereka adalah pro skateboarder, khususnya yang gue tau sih Bam Margera. Show sejenis, yang kurang begitu sukses, ada The Dudesons (Finlandia) dan The Dirty Sanchez (Inggris). Yep, gue enjoy banget nonton film-film goblok ini.

The most ideal bromance ditampilin disini. Ngeprank satu sama lain, ceng-cengan, dll dan mereka tetep get along with each other, doing awesomely stupid stuffs, together.

Personal Favorite

Die Hard 3 With a Vengeance

MV5BOTgyNDM4Mjg0OF5BMl5BanBnXkFtZTcwMjQxNTEzMQ@@._V1_SY317_CR4,0,214,317_AL_

The Last Boy Scout

MV5BMTUxNjQxMTAwMV5BMl5BanBnXkFtZTcwNTI5ODMyMQ@@._V1_SY317_CR9,0,214,317_AL_

Dua film “retro” jaman Bruce Willis masih ganteng-gantengnya. Mirip Troy, maskulinitas dan machoism bener-bener diexplotasi di kedua film ini. Soal Die Hard sendiri sebenernya sekarang udah sampe seri ke 5, tapi yang paling keren menurut gue Die Hard 3. Karena sengaknya John McClane bener-bener bikin ketawa.

Kalo Last Boy Scout sendiri, mirip Die Hard 3, tapi lebih ngepush ke scene-scene dialog sarkastiknya.

Yang paling keren sih dua film ini bener-bener micu adrenaline, walaupun jaman kedua film ini special efek pake komputer belum berkembang sama sekali. Jadi what you see is what you get.

Quote paling favorit

“Why did Mr Milo cross the road?”

“Well, then, who are you? Somebody I sent up? What’d you do? Shoplifting? Purse-snatching? Cross dressing? What?”

Series

VH1 The Pickup Artist Season 1 & 2

download

Puncaknya Mystery/Erik Von Markovik sampe punya show sendiri di VH1.

Ga banyak yang ditampilkan, tapi kayak buku The Game, elo bisa ngeliat transformasi masing-masing peserta dari episode awal yang culun, perlahan sampe jadi keren di episode terakhir.

The Keys to the VIP

download (1)

Buat seru-seruan aja, dan lo bisa dapetin beberapa gimmick yang unik dan kocak dari seri ini.

Yang jelas show ini ngadu para “player” di lapangan, gimana mereka jalanin tiap tantangan yang dikasih sama juri ke mereka.

BBC Human Animal

download (2)

Nemu series ini waktu seminar. Ditunjukkin soal manusia sebagai binatang, sebagai mamalia, dan dipaparkan soal bahasa tubuh dan sejenisnya. Wajib tonton biar elo bisa ngeliat diri kita dari sisi yang lain. Misalnya seperti yang gue bilang di kino (sentuhan).

BBC Life

download (3)

Kalo documentary yang ini ga terfokus ke manusia. Ga banyak omong deh, yang jelas banyak scene-scene yang luar biasa disini, dan elo wajib tonton banget. Yang jelas, lu bakal jauh lebih menghargai kehidupan secara general abis nonton documentary ini.

Yang lebih keren lagi behind the scenenya. Ga nyangka cara mereka buat documentary ini ga kalah sama film hollywood. Terkesan sepele, tapi luar biasa banget.

2 comments on “Film-film Wajib Tonton Buat Para Cowok

  1. Pingback: Logo Baru | cotulen.com

  2. Pingback: All about Passion : Instant gratification VS Delayed gratification | cotulen.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 11, 2014 by in Opini and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , .
%d bloggers like this: