Laki Tulen

Reclaim Your Manhood Today!

Fashion dan “Peacocking”

Ini artikel tentang “peacocking” yang gue janjikan sejak lama dari artikel ini :

https://lakitulen.wordpress.com/2013/05/11/seduction_community_01/

Sebelumnya baca ini dulu :

“We buy things we don’t need with money we don’t have to impress people we don’t like.” – Dave Ramsey

“Kita membeli barang yang tidak kita perlukan dengan uang yang tidak kita miliki untuk mengesankan orang yang tidak kita sukai”

“Advertising has us chasing cars and clothes, working jobs we hate so we can buy shit we don’t need. ” – Tyler Durden

“Iklan membuat kita mengejar mobil dan pakaian, melakukan pekerjaan yang kita benci supaya kita bisa membeli benda yang tidak kita perlukan”

Nah kalo udah, yuk bahas satu-satu.

“Peacocking” Concept

Peacocking itu diperkenalkan oleh Mystery ato Erik Von Markovik. Jadi konsepnya gini, kalo lo banyak make aksesoris yang ga pada tempatnya banget, lo bakal ngundang interest ke elo. Dengan aksesoris-aksesoris tersebut tiap kali lu jalan, semua orang nengok ke elu :

kaskus001

Itu masih mending ya… dalam arti gue rasa dia udah mulai calibrate peacockingnya dia. Apa itu “calibrate”? Ntar gue bahas di topik selanjutnya.

Ada teropong, ada kalung hati, ada anting dan topi berbulu, ada lipstick di lehernya dan dia sempet juga nyaranin murid-muridnya pake “feather boa”

boa_pink

Anyway, ini yang foto jadulnya :

mystery_method_neil_strauss_style_pua_peacocking

Dan ini di VH1 :

original

Kacamata biker + headphone padahal dia ga dengerin musik. Masih ok lah.

Jadi apa fungsi semuanya itu? Ngapain pake teropong dan feather boa ato headphone di leher? Semua itu bakal ngundang orang yang penasaran untuk ngebuka percakapan. Dalam arti elo stand out banget diantara orang-orang lainnya. Konsep ini sebenernya cukup umum, tapi Mystery make konsep ini dan dipush sampe maximal. Contoh ini sempet dibahas sama Leil Lowndes tapi instead of “peacocking” dia bilang ini “whatzit”.

“Whatzit” kalo menurut Leil Lowndes, itu barang-barang yang narik perhatian sehingga kalo orang ngobrol sama elo, mereka jadi penasaran “apaan tuh?” Atau “What is it?”

Selain itu juga Mystery bilang katanya kalo dengan peacocking itu mengaurakan bahwa elo orang yang bisa handle “social pressure” yang dalam arti lu ga terintimidasi ketika semua mata memandang ke arah elo.

Di acara VH1 The Pickup Artist, sempet ada kontestan yang baru mulai lapangan, dapet cewek yang susah payah datengin dia dan membuka percakapan dengan dia. Simply karena dia pake kalung yang gede banget. Ini juga termasuk peacocking dan itu tujuannya juga. Sama persis seperti yang dibilang Leil Lowndes.

Nah, dulu gue sempet eksperimen sama peacocking ini. Rambut gue bleach, tapi tengahnya doang. Ya emang sih gila semua mata memandang ke arah gue gitu. Masuk kantor disorakin dan sempet dapet julukan yang engga-engga. Whew… memang… ga gampang ngadepin semua itu apalagi awal-awal. Tapi dari situ gue banyak berlatih ceng-cengan… biasanya yang ngecengin gue gue balik ato gue acknowledge & exaggerate (bakal gue bahas di topik mendatang)

Test di lapangan, gile… it’s like MAGIC. Apalagi itu rambut gue ya, cewek-cewek dari jauh ngeliat ke rambut gue, gue liatin balik. Mereka tau gue lagi eye contact balik ke mereka. So either gue senyumin, say hi, atau gue kedipin aja.

Even dengan peacocking sesimple itu, efeknya lumayan dashyat.

TAPI… nah ada tapinya nih.

Dandanan kek gitu emang bisa dipake dimana? Untung gue ga kerja kantoran dulu, so bos gue semuanya maklum aja, ketawa-ketawa ato malah ceng-cengan sama gue.

Diluar itu, kan rambut gue makin panjang nih, jadi bagian bawahnya yang ga kebleach jadi item, sehingga blondinya cuma ujungnya doang akhirnya. Solusi sementaranya ya dibleach lagi. Cuma, masa iya mo terus-terusan gitu? Akhirnya gue putusin kerik kepala sekalian, dan start all over again. Buang konsep peacocking dan coba maju dengan modal badan. BEST DECISION EVER.

Setelah gue kerik kepala, gue mo keluar… gue sempet merasa ga pede lagi karena bleach di rambut gue ga ada lagi. Dalam arti, timbul ketergantungan dalam diri gue. So… careful guys. Gue merasa peacocking itu bisa menimbulkan ketergantungan.

Salah-salah elo malah jadi freak. Contohnya paling banyak dan hasil-hasilnya malah mengerikan ada di gender sebelah :

l43-chirurgia-estetica-hang-131010201220_big

Hang Mioku yang ketagihan operasi plastik, mungkin karena operasi plastik pertama dia mendapat pujian, jadi dia terus-terusan melakukan operasi plastik sampe dokter langganannya ogah melakukan operasi plastik lagi. Alhasil, dia ambil minyak goreng, terus disuntikkan sendiri ke wajahnya. Pengennya jadi keren, malah jadi rusak. Padahal awalnya udah cantik kok.

images

Atau… kalo kasus yang mirip-mirip sama Mystery, ya Lady Gaga. Siapa yang ga tau kelakuan Lady Gaga yang dateng ke festival musik pake baju supergilanya dia?

585211329

Yang mana instead of elo memoles kemampuanlu bersosialisasi, elo malah berubah menjadi attention whore.

Nah selama gue botak, gue cuek bebek coba deh approach terus. Pikiran-pikiran negatif di otak gue tetep ada. Tapi seiring waktu gue jadi sadar… dengan atau tanpa rambut gue tetep orang yang sama. Gue rasa ini point paling penting yang perlu lu pahamin. Sukses tetep gue panen kok walo pala gue licin kayak gitu.

“You are not your job. You’re not how much money you have in the bank. You’re not the car you drive. You’re not the contents of your wallet. You’re not your fucking khakis. You’re the all-singing, all-dancing crap of the world.” – Tyler Durden

“Obviously, I’m not my hair either” – Exorio

Fashion & Accessories in a Nutshell (Exorio Style); Keren itu Ga Harus Mahal

Fashion. Oh boy. Gue ngaku blak-blakan aja. Gue dari dulu paling bego kalo soal fashion. So take this article with a grain of salt.

So… waktu dulu baju-baju gue 100% hitam semua. Gue suka t-shirt dengan gambar-gambar a’la biker gitu, tengkorak, elang, serigala ato sejenisnya. Gaya metal gitu kali ye istilahnya.

Kenapa hitam? Well, self-argument gue waktu itu sih bilang karena gue emang cocoknya item. However, setelah gue sadarin, gue cuma berasa insecure aja pake warna lain, apalagi yang mencolok. So gay gitu istilahnya.

Neil Strauss juga sempet bilang item itu adalah warna yang paling aman buat cowok.

Satu kali gue nemu kemeja lengan panjang Levis yang bagus dan keren banget… plus bahannya tuh nyaman sekali. Harganya aja yang hampir sejuta. But gue rela-relain beli deh. Pas dipake, omaigad… I look sooo awesome in it. Itu bertahun-tahun yang lalu, dan itu kemeja selalu jadi pilihan gue tiap kali keluar. Gue ga punya kemeja fancy yang lain… cuma satu ini doang.

So… terus-terusan dipake, sampe satu kali gue mulai sadar… warna itemnya udah mudar ga karuan. Jadi instead of item… warnanya udah jadi blotchy ungu-ungu gitu deh. Mo dibuang sayang… dan gue sempet mikir diwantex (diwarnain ulang) aja kali ya? Nyari lagi ke department store mana-mana ga ada. Ya sudah… mungkin emang udah waktunya gue ngerelain tuh kemeja.

Ada sih kemeja lain, tapi itu kemeja paling favorit gue. Dan biasanya kemeja lain gue pake kalo misalnya perlu basa-basi formalitas ato sejenisnya gitu. Kalo keluar buat tebar pesona ato partying… ya gue pakenya kemeja levis itu. Itu kemeja masih ada sampe pas awal-awal gue ekpserimen peacocking.

Abis kemeja itu gue buang, gue mulai eksperimen warna lain. Gue jujur aja emang habis cukup banyak buat cobain warna-warna lain. Ada beberapa yang cocok, ada beberapa warna yang emang najong banget gitu. Tapi dari situ ya ketemu kok gue suka warna apa aja diluar warna hitam; merah, orange, biru, hijau agak susah dicarinya.

Secara proporsi gue termasuk gendut… tapi gue ketolong sama tinggi gue. Jadi ga keliatan gembrot mbleber ato kayak balon gitu. Perawakan gue ini peacocking alami… yang mana sih dulunya gue sering kawatir, coz orang tiap kali ketemu gue cukup SEKALI aja… dia pasti udah langsung inget gue. Bahkan bertahun-tahun kemudian. Soal ukuran baju, gue selalu milih yang baggy, lebih besar dari badan gue… buat nutupin dada dan perut gue yang berlemak. Jujur ini emang gue insecure masalah ini wkwkwkwk.

But… pas gue experimen itu, gue rajin ngiter keliling kota dan department store. Sampe akhirnya ketemu toko yang ngejual baju-baju sisa export atau yang ga lolos QC. Pas gue cek, lah… ini bagus kok. Nah ntu toko, label kemejanya disobek semua. Ada penyangga plastik di kerahnya, pas gue liat “Banana Republic“. Bahannya keren… kinclong-kinclong gitu deh kayak sutra… tapi kainnya juga alus dan nyaman. So berasa enak juga di badan. Ngepas di toko kurang maksimal, ya udah comot satu gue cobain sama cek soal “Banana Republic“. Ngepas… ngetest… DAMN… I look AWESOME! Bahan juga enak pol. Dan kemeja ini BODY FIT. So, mungkin kebanyakan orang overweight cenderung milih baju yang baggy, gue rasa perlu coba body fit juga. Okelah dari samping perut mancung, but kalo dari depan, lebih enak dipandangnya. Coba liat pic comparison yang ditemuin sama CatNaked di group chat :

rivakama

So… mana yang lebih enak diliat? Yang kiri atau yang kanan?

Nah pas gue cek webnya sendiri… kemeja banana republic itu rata-rata kemejanya $80-$100 ui! Lah ntu toko jualnya rata-rata 100 ribu. Spontan besoknya gue bawa duit yang banyak, ngeborong hampir semua kemeja itu yang ukuran gue dan yang warnanya gue suka. Total mungkin gue beli 8 potong kalo ga salah. Still… kalo beli harga asli di toko resminya itu cuma dapet sepotong. Label disobek, ga masalah, gue cabut sekalian label di kerahnya. Alhasil, gue punya koleksi kemeja yang keliatan keren, classy, tapi ga bikin kantong bolong.

2013-11-21 11.25.57-2

Ini kemeja Banana Republic kesayangan gue, see, bukan warna item lagi… dan ini kemeja mulai wear off, coz gue nyaman banget make ini kemeja. Ini foto waktu ngurusin event sewaktu gue jadi Sales Manager. Obviously not the classiest person in the venue, tapi definitely ga malu-maluin juga kok. Presentable buat ngeprospek orang-orang disitu.

See… problemnya dengan merk itu adalah… seringkali merk ya cuma sekedar merk. Contoh lain ya. Dulu gue pernah beli battery case buat 3GS gue dari e-bay… gue liat lah kok sama persis kek unu? Harganya jauh lebih murah, beda 200 ribuan. PLUS free ongkir. Ya udah gambling aja, gue coba beli. Battery case begini susah banget dicarinya di Jakarta. Dan… pas nyampe barangnya… yap… it’s the EXACT same product. Cuma yang unu itu jual MERK. Yang gue beli ini unbranded (belon dikasih merk, ato OEM istilahnya?). Sama persis kasusnya kayak kemeja Banana Republic gue.

Ini yang merk UNU :

31IaEG2FxmL._SY300_

Ini yang dapet dari E-Bay :

IMG_2543

It’s the EXACT same thing.

So… gue rasa gini… keren itu ga harus mahal juga sih. Yang pinter-pinter aja. Ga usah gengsi ke factory outlet ato toko tempat cuci gudang ato sejenisnya.

Arloji, misalnya. Gue ga terlalu suka pake arloji… but satu hari bokap bawain gue arloji automatic. Jaelah. Ya ini hadiah dari bokap sih… masa gue tolak… but ya why not okelah gue cobain dan biasain… keliatan jadi kek om-om ato “bos besar” gitu. Nah, di arlojinya tuh gue baca ada tulisan “water resistant”. So dengan lugunya gue ajak berenang.

Eh beberapa hari kemudian mengembun di dalem kacanya. Untung aja ini arloji < $100… seriusan… bokap gue dapetnya $70 doang. Mereknya SUG. Dan memang automatic, jadi dibelakangnya transparan, bisa diliat gear yang gerak-gerak gitu, dan ga pake batere sama sekali. Kalo lu liat di ebay ya harganya emang < $100 rata-rata $70 which is sekitar 700 ribuan kalo kurs jaman dulu.

2014-01-25 08.38.00

Ya akhirnya gue nyesel juga sih… gue udah mulai terbiasa sama arloji, dan sering pas lagi duduk nongkrong gitu suka ada yang buka pembicaraan nanya-nanya soal arloji gue. So… yawda kalo liat jam, liat hp aja lagi sementara😛

Nah sekarang gue lagi ngincer-ngincer Pebble Watch. Not the most stylish ato paling exclusive sih… but who cares? Yang penting ga malu-maluin dan bisa dibawa berenang PLUS fungsinya bisa tandem sama smartphone.

Pebble-Steel-Smart-Watch

Ini yang Steel Edition, cukup mahal, dibanderol $250, sedangkan Pebble yang original (bawah) dibanderol $150.

Pebble_watch_trio_group_04

Ini namanya “SmartWatch”. Bedanya dengan Galaxy Gear ato sejenisnya, Pebble itu lebih smart milih-milih feature yang mo diimplemen ke produknya (Kamera di arloji? Buat apa?). Hasilnya Pebble bisa tahan 7 hari sebelum perlu dicharge lagi. It’s a nerd toy actually, but mata gue udah kekunci kesini.

Masih tergolong mahal sih. Tapi dibandingin arloji fashion exclusive yang ada di mall-mall (6-10 juta?), masih make sense lah. Dan ga bisa buat apa-apa kecuali nunjukkin waktu doang. Sempet naksir satu arloji di PVJ, pas gue tanya harganya 5 jutaan. Pebble Steel separohnya lebih dikit. So… ya kalo lu suka gadget, pebble deh gue rekomen. Kekurangannya cuma satu aja kalo gue liat-liat review youtubenya… chargernya ga umum. Kalo kabelnya ilang, berarti ribet cari penggantinya. Gue cuma ngarep semoga ada versi MicroUSBnya, jadi kabel cuma bawa satu kemana-mana, bisa buat ngecharge HP dan arloji.

Balik ngomongin soal HP, gue suka iPhone, but suer… gue beli second. Ga masalah baru ato bekas, bagi gue yang penting HP gue berfungsi normal. Dan yang jelas bukan buat pamer… coz iOS itu appsnya bener-bener buanyak banget. Kebanyakan developer apps itu milih iOS dulu karena iPhone cuma ada satu jenis dan satu OS. Makanya developer ga ribet mikirin soal compatibilitynya. Handphone gue sendiri gue tambahin pake battery pack… baterenya biasa cuma tahan setengah hari coz gue pake buat macem-macem. Dan dengan Battery Case ini, iPhone gue bisa dicolokin MicroUSB (blackberry). Colokan yang umum banget, dibandingin lightningnya Apple (yang mana kalo beli baru bisa ratusan ribu). Ga peduli gue logo Applenya ketutup ato engga. Yang jelas bisa berfungsi dengan baik. Itu aja yang gue perlu.

kaskus_udahpunya

IPhone ini bukan buat gaya-gayaan juga… gue pake dari chatting, browsing, banking, olahraga (sports tracker), health tracking (tracking kesehatan), baca e-book, dengerin musik, nonton youtube, ngegame, office, reminder, notes, GPS (buat nyari alamat), telpon, dan SMS. Yes. Semuanya kepake beneran, kagak boong gue. Makanya gue ga mikir dua kali pas keluar 5s, gue langsung embat 5 tapi yang BEKAS. Kenapa ga ambil android? Harganya bisa lebih murah dibandingin iPhone bekas sekalipun. Gue udah cobain sendiri android yang bleeding edge, tetep ga senyaman iPhone.

Disini ngaconya orang beli gadget kan… beli merk, paling bleeding edge, Galaxy S4 atau iPhone 5s Tapi “smart” nya ga dipake… ternyata itu HP cuma dipake buat SMS dan nelpon doang. Duh sayang banget dah.

So… sekali lagi keren itu ga harus mahal kan? Sekarang lu coba aja pikir. Cewek aja sebagian besar maniak obralan, masa iya lu gengsi beli barang murah?

Dosa Besar Pengguna Handphone

Kalo lu perhatiin deh misalnya orang yang mati gaya :

aBKZMBx_460sa

And itu gif isn’t far from the truth. Seringkali kalo gue lagi diluar, kadang suka liat kalo yang sendirian itu suka mainan HP. Tapi kalo lu perhatiin, mereka ga ngapa-ngapain, buka HP, masuk app, keluar lagi, terus pindah ke app lain, rinse and repeat😀. Cuma supaya keliatan ga sendirian/mati gaya aja. Atau dipantengin khusus buat mamerin logo apel dibelakangnya. So what gitu loh.

So… gini… terutama sih orang-orang yang dateng ke social venue (pub, club dan sejenisnya), mereka ga dateng untuk enjoy THE PLACE. Tapi specifically kayak “tebar pesona”. Hanya saja, mereka ga mo having fun, ga mo loosen up atau singkatnya mereka jaga image. Yang pasti sih mereka TAKUT apa yang orang lain pikirin tentang mereka. So HP keluar, pura-pura chatting ato sibuk di HP.

Jadi analoginya, kayak naro barang dagangan di tengah jalan, ngarepin orang lain dateng mungut itu barang dagangannya. If this is YOU, coba dirubah kebiasaannya. Namanya SOCIAL venue, ya dateng bersosialisasi atuh. Be the BEST salesman there. Ini juga berlaku kebalikannya. Kalo ada cewek sendirian, mainan HP… WHAT THE HELL ARE YOU WAITING FOR?

Aksesoris Lainnya

Kalo topi gimana? Ini bidang yang gue paling ga pinter. Soal topi, gue pernah nyobain pake topi waktu dulu banget, but gue berasa ga cocok aja make topi. 3 macem topi gue cobain. Baseball hat, Kupluk dan Fedora. But gue rasa gue bukan orang yang cocok pake topi. 3-3nya selain gue risih dan kepala jadi pengap, gue ngaca pake topi ga berasa cocok aja. So… ya kalo gue kate mah cobain aja, it’s probably your thing, minta advice orang sekitar aja kalo milih-milih topi.

Kalo kacamata item gimana? Duh, ini apalagi. Okelah dalam beberapa kasus itu keliatan keren. Tapi kalo gue liatin kesannya NORAK, apalagi kalo keseringan dipake.

Mens-Sunglasse

Boleh lah sekali sekali pakenya. Temen gue yang suka pake kacamata item biasa gue tanyain, emang pake kacamata item kenapa? “Silau”. Ya… gimana sih? Kita ini bukan mahluk nocturnal lho. Dari bayi sampe udah gede ga masalah mata kena matahari dikit. Tapi yang terutama bagi gue, kacamata item itu nyembunyiin kontak mata (eye contact)… which is SANGAT GA SOPAN kalo lu ngobrol sama orang dan elo make kacamata item.

Gue juga punya kacamata aviator Ray-Ban asli, coba tebak beli dimana. Di pasar barang second. Gue juga sempet eksperimen, mikir, mending beli yang bagusan dikit… gue pengen banget kacamata aviator kayak Elvis Presley yang dipake Johny Knoxxville di Jackass. So beli yang mahal itu… akhir-akhirnya malah gue pake yang Ray-Ban. Yang ini malah ga dipake. Terutama sih engga nyaman dipake, soalnya kepala gue kegedean sama kacamata itu. Kalo lu interested punya ini sunglasses, ini lapaknya. Yes, mahal banget. But shit happens. Lesson learned.

widget_d3sv41RXnlw7YZ-LXnJFFx

Nah aksesoris-aksesoris itu termasuk dalam kategori “peacocking” gue rasa.

Influence dari jackass yang lain, t-shirt tuxedo :

tuxedo-t-shirt

Cukup lucu, unik, dan gue suka banget. Gue beli satu online, dan orang-orang pada komen “kaosnya lucu banget”. Punya gue model tangan panjang, jadi kayak sweater gitu. Ga masalah sih, bisa gue lipet lengannya. Gue cari yang persis kayak crewnya Jackass ga nemu-nemu. Jenisnya banyak, tinggal google aja, cari yang paling murah.

Kalo sepatu gimana? Gue juga bukan orang yang pinter milih sepatu. However, dulunya gue cuma punya 2 jenis alas kaki : sepatu dan sendal. Titik. Kalo perlu pake sepatu, sepatu itu gue pake buat SEMUA acara. Sama halnya dengan sendal. Pokoke pengen pake sendal ya pake sendal, pas pengen pake sepatu ya pake sepatu. Which is bad idea… ya maklum lah karena dulu gue orangnya terlalu cuek. So dulunya gue make sepatu olahraga warna item (sepatu canvas) buat semua occasion, dan sepatu sendal (bukan sendal jepit, dengan pikiran at least terlihat lebih sopan dibandingkan sendal swallow)

Saat ini sih gue punya 4 macam sepatu. Satu sepatu kulit (beli second), sepatu olahraga, dan 2 sepatu casual kalo lagi pengen nyantai. Sepatu kulit itu kalo pas gue lagi dituntut tampil formal, misalnya ke pesta pernikahan ato sejenisnya (pake jas, pake kemeja, dll). Satu sepatu casual untuk pas waktu gue lagi cuek sama penampilan tapi lagi pengen pake sepatu (sepatu imitasi crocs murahan beli di Hypermart, nyaman dipake), satu sepatu Converse model canvas kalo misalnya gue perlu tampil casual tapi tetep sopan, dan sepatu olah raga ya buat olahraga. Sepatu olahraga ini model adidas untuk lari, karena gue pikir kalo bisa buat lari, bisa buat olahraga yang lain-lain juga.

Sisanya, sendal jepit 2 biji. Satu yang udah butut ya buat dipake dirumah, satu yang masih bagusan gue pake buat keluar. Sempet juga nyimpen sepatu sendal, tapi gampang rusak model sepatu sendal gini. Malah sendal jepit gue yang gue beli lebih dulu lebih tahan sampe sekarang. Ya itu aja so far sepengetahuan gue tentang alas kaki ¯\(°_o)/¯

Anyway, like I said, gue ga mengclaim gue ini the best seducer in the world, asia ato semacemnya. Tapi gue rasa kalo terlalu detail sampe punya puluhan sepatu kayak cewek, that is actually defeat the purpose of why we’re being MEN. Men are built to be SIMPLE and PRACTICAL. Jangan dirubah-rubah. Bolehlah ngadopsi lifestyle metrosexual, however, ga usah kelewatan juga gue rasa.

Fashion for MEN

Anyway, balik lagi soal fashion… kalo lu rajin ngikutin TED Talk… coba deh liat mereka berpakaiannya gimana. Ga kayak rockstar ato bintang hollywood juga deh. Gue lebih prefer meniru mereka daripada selebriti hollywood yang serba glamor. Coba liat contoh rival favorit gue, Steve Jobs dan Bill Gates :

stevejobs

article-0-0018A46900000578-123_468x415

Bonusnya : Mark Zuckerberg

zuckerberg_2432876b

Eh ini mereka lagi presentasi produk lho. Coba lu perhatiin salesmen biasanya gimana kalo ketemu klien… pake sepatu kulit, pake kemeja, rambut diminyakin, parfum wangi, dll. But seriously… gue rasa yang penting keliatan presentable aja deh. Ga usah neko-neko bergaya kayak gangster ato R&B star. Coz gue yakin lu bukan gangster ato bintang R&B. Yang casual, yang nyaman buat elo sendiri, yang tetep enak diliat dan sopan.

Advice David DeAngelo gue rasa cukup bagus di bidang fashion. “What’s cool” atau “apa yang keren”. Yang “keren” itu adalah yang seimbang, ditengah-tengah. Ini dia lagi presentasi soal Body Language. Berkali-kali gue liat Body Language itu jadi top post di blog ini. So… kalo penasaran banget menggali soal Body Language, gue rekomen banget videonya (jangan tanya link downloadnya, pake google aja carinya). Terutama dia ngomongin soal Body Language untuk sexual attraction.

0

Sure, ini jatoh-jatohnya emang perlu kalibrasi lagi. Waktu gue eksperimen sama warna, ya jelas, ada baju yang ogah gue pake lagi… so ya mo ga mo dibuang ato disumbangin. Tapi tanpa experimen ya ga ketauan lah gue cocoknya gimana kan?

Nahhh… beda lagi nih sama Ratu Atut

527670be6826c_527670be6e12a

1 miliar itu buat dia jalan-jalan ke Singapore. Jaelah. Bukannya sirik ya. Mending kalo duitnya duit dia sendiri.

Kalo gue mampir ke SG mah cuma pake sendal jepit swallow sama kaos oblong dan celana pendek kok? Biar bisa pamer bulu kaki gitu😛

Sooooo… gaya fashion mana yang bakal lu pilih. Ngotot pake brand mahal buat pamer tapi ternyata duit bukan punya sendiri? Kayak attention whore usia paruh baya? Si Ratu Atut?

Atau… emang orang-orang yang beneran punya value? Steve Jobs, Mark Zuckerberg dan Bill gates?

Dude, kita ini cowok lah, masa mo niru Ratu Atut? Trying too hard to impress (maksain dan suka pamer) Itu artinya miskin validasi.

Ya yang pengen gue sampaikan sih begini… dress WELL, NOT dress EXPENSIVE, NOR dress to IMPRESS.

Yang dalam arti

  1. Kalo misalnya kemarin lu 2 hari mandi sekali… sekarang sehari mandi 3 kali sehari, minimal 2 pass sekali mandi (David DeAngelo nyaranin minimal 3 pass)
  2. Kalo dulunya lu kemane-mane pake kaos kutang ato t-shirt yang udah bolong-bolong (karena alasan nyaman dipake)… ya sekarang pake lah minimal t-shirt yang bagusan dikit.
  3. Kalo dulunya lu kemane-mane pake sepatu casual converse yang udah mangap dan dekil, ya bolehlah diganti sama sepatu kulit. Ga harus yang baru dan brand terkenal juga kalo menurut gue.

Simple aja. Ya itu semua tetep ngabisin duit emang. Tapi kalo lu ga mo rugi sama sekali ya bugil aja n tinggal di gua. Tetep toh kita tinggal di tengah masyarakat yang punya batesan-batesan tertentu.

Ini balik lagi ke masalah congruence. Ya okelah, pake jas, pake kemeja merek “Boss”, arloji “Rolex”, bawa mobil “Bentley”. Emmm… tapi seriously, siapa yang elo coba bikin kagum dengan semua itu? Cewek? Lah… ngapain kalo misalnya kayak Ratu Atut, make semua itu tapi ternyata hasil KORUPSI? Ato ternyata tagihan kartu kredit udah overlimit, cicilan kagak beres-beres? Ketawa deh ane.

Baru-baru ini gue meeting sama bos gue yang dulu… ngajakin ketemuan di satu tempat makan, gue sangka restoran ato apa gitu. Tapi ternyata warung tenda, dimana biasa anak-anak sekolahan makan disitu. Dia bawa temennya, cewek, sama-sama bisnisman gedean. Mereka berdua supplier dan udah nguasain pasar mayoritas di Jakarta. Itu aja clue yang gue bisa kasih. Pakaian mereka juga biasa aja, kaos polo sama celana pendek selutut. Handphone juga BlackBerry tipe lama (entah tipe apa, yang ada keyboardnya gitu) plus handphone CDMA jadul banget. Tapi yang jelas penampilan mereka enak dilihat dan terkesan santai, ga urakan, dan ga terlalu perlente amat. Beda sama bos gue yang satunya. Ya itulah, style masing-masing beda. Siapa yang lebih hebat, ya so far sih pengalaman gue yang dulu-dulu kerja di company mereka gue cukup happy benernya.

Biar lebih nancep liat gambar di bawah ini :

39nXpUG

Still, ini semua pendapat pribadi gue ya. What do I know about fashion.

Fashion Advice Jitu

Cara paling jitu sih ya, minta tolong expert di dunia fashion : CEWEK. Bisa minta sodara, temen ato siapalah yang seumuran elo. Jangan minta orang-orang yang beda jauh dari generasi elo. Coz sense of fashion mereka jelas ga sinkron sama jaman sekarang. Atau kalo memang ga ada orang deket yang bisa dimintain tolong belanja baju bareng, bisa lu pake cara ini :

https://lakitulen.wordpress.com/2013/05/27/hired-guns-1/

Waitress dan sales toko baju itu seneng kok dimintain pendapatnya. However, perlu lu inget juga kalo mereka itu ngejer setoran/komisi. Jadi supaya advice mereka genuine ya coba diflirt dikit, jadi dia ga enakan kalo misalnya kasih advice ke elo karena dia ngejer komisi. Sambil dibecanda-becandain dikit, dalam arti ya sambil menyelam minum air aja. Who knows selanjutnya bisa diajak ngedate juga kalo emang cakep? Advice yang lu dapet itu GENUINE, dan lu dapet chance ngedate sama dia. Why not kan?

Contohnya pengalaman gue ini :

https://lakitulen.wordpress.com/2013/04/28/the-power-of-body-language/

However, kalo emang perlu advice, ya minta dengan tulus (genuine), bahwa elo emang perlu advice. Jujur aja, gue ngenes ngeliat cowok-cowok yang ngomong panjang lebar sama SPG rokok. Rokok itu perlu dijelasin apanya lagi sih? Kalo penasaran ya beli satu, si SPG dapet komisi, lu juga ga penasaran. Kalo ga ngerokok, ya udah jangan buang-buang waktu si SPG. Dia juga perlu kerja, cari penghasilan, perlu jualan. Bukan ngeladenin modus cowok kesepian.

Cheers. Semoga membantu.

12 comments on “Fashion dan “Peacocking”

  1. tobray21@gmail.com
    January 26, 2014

    ane suka banget ama web ente gan , dsini bner2 kliatan pengen berbagi.. ditunggu postingan2 berikutnya …

    • exorio
      January 27, 2014

      Thanks masbro… stay tuned ya. Kalo emang ngerasa blog ini membantu, dan kalo boleh minta tolong sih cukup bantuin sebarin ini blog aja. Cheers. Good luck sama self developmentnya.

  2. Sony Hasan
    January 31, 2014

    bro exorio, menurut lo untuk belajar body language gue perlu gak beli DVD David DeAngelo? Soalnya gue mau buffer di youtube internet lemot.

    • exorio
      January 31, 2014

      Bagus kok itu DVD nya. Worth it lah.

  3. Pingback: Calibration | Laki Tulen

  4. fath
    March 2, 2014

    Bro lu beli t-shirt tuxedo it di web mana ya? Udah lama gua naksir

    • exorio
      March 2, 2014

      Di indo keknya ga ada yang jual. Dulu sih experimen belanja di amazon.com. Ongkirnya malah lebih mahal dari bajunya. So… ga recommended, Bahannya bagus sih dan sablonannya awet, puas sama barangnya sih ya puas-puas aja. Tapi kemahalan.

      Di Amazon juga ada marketplace,jadi kayak tokobagus.com, mereka nitip barang di amazon. Cari aja dulu di amazon, liat nama tokonya, cari nama tokonya di google. Siapa tau ongkirnya kalo beli dari tokonya langsung ternyata lebih murah dibandingin beli dari amazon.

      Happy shopping.

  5. Dan
    March 13, 2014

    naksir gue sama t shirt tuxedonya, design sendiri terus bawa ke toko sablon satuan aja ah.
    keren kan ga perlu mahal. hahaha

    • exorio
      March 14, 2014

      tul.

  6. Pingback: Invisible War | Laki Tulen

  7. Pingback: Pick Up Artist Indonesia | Laki Tulen

  8. Pingback: Placebo Effect | cotulen.com

Leave a Reply

