Laki Tulen

Reclaim Your Manhood Today!

Si Kecap Nomer 1 di Asia

Tulisan kali ini panjang banget, so gue pecah beberapa bagian. Semuanya benernya ngeflow, tapi gue potong pas di tempat yang make sense dipotong aja. Kalo ga make sense ya coba dibaca sekali jalan.

Nomer Satu?

Baru-baru (tepatnya tadi malam) ada kejadian lucu. Ada dating company yang katanya no 1 di asia yang sudah dibangun semenjak 2010 numpang ngiklan di FB page Laki Tulen. Gue ga mo nyebut merk disini.

Jualan sih ga masalah ya, terserah. Dan gue ga berniat saingan, ato cari ribut. Gue cuma pengen ngebangun community. Lah tapi yang gue bingung bukannya company ntu udah punya FB page sendiri? Kenapa ga dimanfaatin FB pagenya dia, malah ngiklan di page orang?

Lu sendiri suka ga kalo tiba-tiba ada tukang bakso nyelonong masuk ke rumahlo bawa gerobaknya dia tanpa permisi? Gue yakin engga.

Gini, pertama-tama gue tekankan satu hal : gue ga merasa metode atau sharing dari gue itu paling bener. Ini semua pendapat PRIBADI. Blog ini gue buat berdasarkan take it or leave it basis. Lu suka, dan elo ngerasa bermanfaat ya gue juga seneng. Bantu sebar aja blog ini ato FB page gue, atau tulis komen di testimonial itu aja yang gue minta.

Kalo ga suka, skeptis, ngerasa gue ada udang dibalik batu ato ga cocok sama pola pikir gue ya ga usah dibuka. Beres. Ga usah dibuat ribet.

Sekali lagi, gue ga mengklaim metode gue nomer satu. Mo ngomong nomer satu emangnya masih jaman ye? Jualan kecap mah dimana-mana nomer satu semua. Ga ada tuh kecap yang nomer dua nomer tiga dst. Selalu ada gunung diatas gunung… eh… itu mah cewek maen tindih-tindihan… maksud gue… selalu ada awan diatas gunung. Gitu kali ye.

Gue juga bukan ato ga merasa MASTER PUA ato MASTER SEDUCER ato bullshit sejenisnya. Gue cuma interested sama bidang pengembangan diri, seduction itu salah satunya. Awalnya memang karena gue kesepian, tapi lama-lama gue ngeliat ini applicable ke segala bidang. So, belakangan bisa lu liat sendiri gue ga banyak nulis soal cewek melulu.

Yakin deh yang ngaku “nomer satu” sekalipun materinya ya paling dari situ-situ juga. The Game, Mystery Method, juggler, ijjji, Bristollair, mASF ato sejenisnya. Ngasih kredit balik ke penulis originalnya juga engga. Katanya nomer satu.

Gue sebelnya sih, pengikut fanatik company lama, suka nuduh gue jiplak ato copas tulisan tuh company. Amit-amit… boro-boro. Gue belajar dari mASF sama baca-baca buku seduction oi. Lah ntu para company yang udah-udah pada jujur ga mereka nyantumin sumber aslinya darimana?

Contoh ini thread :

http://www.kaskus.co.id/post/518a5837e374b46467000001

Ini respon yang gue dapet :

http://www.kaskus.co.id/show_post/52dbe961a4cb17ad2b8b4693/46

Jaelahhh… storytelling itu bukan doi yang nyiptain kale *extreme facepalm*

2024-extreme-facepalm

Post itu kombinasi dari gue apa yang gue dapet dari baca Dale Carnegie, How To Talk to Anyone, The Art of Talking to Anyone sama Seni Berbicara (terjemahan buku Larry King). Juga ngutip dari Mystery soal ngelatih cerita ke anak-anak.

4

Yang paling penting itu juga : PRAKTEK, PRAKTEK dan PRAKTEK. Knowledge without experience ya sami mawon.

BeU3SgaCIAAItMW

Awal Mula Blog Laki Tulen

Nah gue ceritain asal mula blog ini. Dulunya waktu gue kerja di kantor gue team up sama player natural kita mulai sharing hal-hal dan ngebantu anak-anak yang emang kesulitan sama cewek.

“Gue mesti gimana kalo dia begini”. Itu pertanyaan rutinnya dari anak-anak (co-worker kita). Ini pertanyaan biasanya jawabannya simple aja, dan sebenernya yang bersangkutan udah tau jawabannya.

Contohnya ini :

Clipboard02

Simple kan sebenernya, dan jawabannya dia sebenernya udah tau dari awal. Cuma ntah kenapa, apakah karena engga confident sama kemampuan sendiri cari cewek lain, yang kek gitu kok masih dipertimbangin buat dipertahankan. Bingung gue.

Sorry yang gue expose disini, tapi nama dan propic elo udah gue buang toh. It’s okay kita semua dalam proses belajar. Termasuk gue sendiri.

Anyway, balik ke cerita gue… gue dan temen gue akhirnya ngumpulin satu grup kecil yang rutin sarging. Tapi seringnya sih seinget gue cuma 2-3 orang termasuk gue. Dari situ kita brainstorming. Awalnya sih emang gue mikir why not, coba aja dibikin workshop. Dalam arti kita nerima orang dari luar grup kita buat ikutan belajar gitu. Ya napa engga, sembari nyari duit jajan gitu kan okelah. Ga mo ngimpi tinggi-tinggi jadi kek Mystery ato jadi multi-millionair kayak rockstar ato semacemnya. Buat duit jajan lah, buat nongkrong-nongkrong ria gitu.

However, sejalan dengan waktu… gue merasa itupun bad idea. Why? Karena ini masalah ngerubah believe system (kepercayaan) dan mindset (pola pikir) orang yang udah terbentuk dari kecil, semenjak lahir, dan seumur hidup berkembang di tengah nilai-nilai masyarakat yang sedemikian fixnya. Seriously, dobrak pola pikir kayak gini ga mudah.

Intention gue ngebantu, tapi seiring waktu memang ada aja yang dateng ke gue minta advice ato minta winging. Gue ladenin. Pas awal minta itu, mereka keliatan excited. Tapi di lapangan berubah total, setelah mereka ngerasain approach anxiety.

Dan bukannya langsung mengakui mereka ngerasa grogi ato ketakutan, mereka malah balik menyerang gue. Dalam arti gue malah jadinya dibenci. Satu orang temen gue ilang udah, acc fb gue diblok sama dia. Doi ngambek ga mo ngomong sama gue lagi selamanya wkwkwk.

Dia yang dateng minta bantuan, gue kasih dia sedikit “taste of reality”. Dia menolak kenyataan, dan malah defense mechanismnya naik. Instead of ngakuin dia takut, dia malah biarin egonya ngomong. Apa boleh buat. Sampe akhirnya gue cape sendiri ngeladenin orang-orang kayak gini, so kalo ada yang dateng ke gue, gampang aja. Gue minta FR dari dia.

Karena apa? Gue udah membuat kesimpulan mencoba mengubah orang lain itu nearly IMPOSSIBLE. Kecuali si subject emang MAU BERUBAH. So dari situ keluar inspirasi buat nulis “all about wingman“.

Nah itu yang sekarang gue jalanin di Kaskus Lair. So, kalo mo join group chat kaskus lair (pake Line), post FR dulu disitu MINIMAL 5 FR, baru boleh join. Otherwise, sekali kepentok approach anxiety terus mundur ya percuma. Atau, 2 hari keluar, cold approach terus udahan. Percuma. Ngapain gue ngabisin energi buat orang-orang kayak gitu. Jadi, ide workshop itu ga pernah gue eksekusi sama sekali. Sampe detik ini.

Salah satu pancingan gue dulu di FB page gue bikin sayembara, dapet buku The Game hardcover, asal mo contribute balik ke komunitas. Yang mau bukunya sih banyak, tapi yang mau berkembang, dikit. Ada yang bilang “requirementnya bikin gue jadi eneg”. Lah?… ya terserah. Gue juga punya hidup sendiri yang perlu gue urusin, ngapain gue fokus energi ke orang lain yang ga mo peduli sama hidupnya sendiri? Buku The Game masih gue simpen sampe sekarang nih.

Dapet duit ga gue dari sini? Engga. Terus kenapa gue jalanin ini blog? Entahlah. Mungkin untuk validasi juga… coz gimanapun juga gue tetep manusia yang butuh pengakuan. Or kadang mungkin sarana curcol gue. Dunno. Yang jelas, idenya ya kepikiran aja tiba-tiba. Dan yang jelas, gue start nulis, ya pelan-pelan coba aja dirutinin hasilnya kek apa.

Gue ajakin temen gue itu, dia excited awal-awal doang. Even sampe kepikiran ngontak temen dia yang produser buat bikin reality show segala. Belakangan ga pernah dibahas lagi idenya. Apalagi nyumbang artikel.

Juga sempet ada Bee

bee

Doi sempet contribute 2 artikel… tapi ya selanjutnya gue tagih-tagih juga dianya katanya sibuk mulu. Ya udah gue jalanin sendiri. Seengganya gue rasa bisa liat pola pikir cewek, ga seinnocent itu juga lho. Gue respek juga sih sama dia senggannya kalo emang ga suka dia bilang ga suka. Ga muna orangnya. Maklum juga, si Bee udah ada yang punya dan udah ada momongan, plus kuliah sambil kerja… ya emang sibuk kali ye. So maklum lah guys.

Satu hal yang pasti, Laki Tulen jadi blueprint gue buat plan gue yang lain. Dalam arti, waktu ngejalanin blog ini, banyak hal yang gue dapet untuk memulai sesuatu (nanti ini gue bahas juga).

Di luar itu sih, gue dapet banyak temen baru yang emang seide. So far ada 20 orang yang aktif di group chat, dan yang gue dapetin JAUH lebih berharga daripada duit. Apa tuh? Nanti gue post transcript beberapa diskusi dari line disini.

kaskuslair

Nah, diluar sulitnya ngubah believe system sama mindset orang. Benturan kedua dari mengkomersialisasi seduction itu adalah karena seduction itu SIMPLE : pede dan berani bertindak. Itu aja. Inget-inget, orang jaman purba emangnya perlu teori-teori yang engga-engga buat getting sexual?

Pede dan berani bertindak itu dua-duanya inner game kalo menurut gue. Tentang apa yang perlu diomong sama target, perlu bersikap gimana, dsb, itu termasuk dalam OUTER GAME. Outer game itu ga penting-penting amat.

Kasus realnya ya si Womanhunter… doi jadi selebritis di group chat.

Beberapa bulan sebelumnya (Bulan Agustus 2013) womanhunter pake nick lain, dan dia minta ga reveal nick lama. Dulu dia nanya-nanya soal gimana ngobrol sama cewek, gimana ngelucu sama cewek. Percaya deh, itu semua masalah klasik orang yang baru mulai. Berbulan-bulan katanya dia tiap hari keluar ke mall, pada akhirnya dia ketemu sendiri stylenya dia.

Ini beberapa bulan setelahnya (Bulan November 2013) :
http://www.kaskus.co.id/show_post/52793048f7ca17f17c000005/612

Juragan Womanhunter bilang itu “jurus tanpa jurus”😛

Seduction is SIMPLE

Sekarang, kalo emang seduction sesimple itu, kenapa buku-buku dan materinya banyak banget? Coba cek dari Real Social Dynamics (punyanya Owen Cook, salah satu PUA pelopor yang masuk di The Game) :

RSD

Total mungkin ada 60+ DVD keseluruhan (minus workshop, seminar ato semacemnya). Kalo gue tebak sih… semuanya itu ngarah ke hal-hal yang sama, cuma diceritakan lagi dengan cara yang berbeda-beda. Makanya yang gue bilang, dan ex boss gue sempet bilang juga : belajar itu carilah konsepnya, aplikasinya bisa lu belok-belokin sedikit, lu sesuaiin sama dirilu.

But seriusan lu 60 DVD mo lu lahap semua… khusus cuma buat dapetin CEWEK? Ya, jujur buku gue emang banyak. Tapi sebagian besar bukan tentang seduction.8

Yep, gue ngefans berat sama Om Steve dan Mark Zuckerberg.

2

Buku seduction juga ada

Kalo dari sisi materi (bahan pelajaran ato teori dan sejenisnya), ya ga bisa kalo diperah kek sapi. Gue nulis blog ini kalo lagi pengen ato pas dapet ide aja. Sempet absen terlantar beberapa bulan juga. Kemarin nulis, soalnya seneng banget blog gue dapet 50k views kurang dari setaon.

IMG_2542

Tapi pas gue baca-baca lagi kesannya maksa banget. Soalnya ya emang pas lagi ga ada bahan ato ide. So draft yang itu gue buang. Eeehhh ada kecap no.1 yang numpang ngiklan di FB page gue tanpa permisi. Siplah gue jadi dapet inspirasi😛

Nah tuh jadinya gini… materi njelimet muter-muter ga jelas… itu akibatnya kalo seduction dikomersialisasikan. Yang mestinya simple, dibikin ruwet njelimet ga karuan. Kenapa? Ya mungkin emang sama-sama bingung, yang nyediain materi ga tau mo nulis apa lagi soalnya diperah kek sapi… ngejer target, dompet udah tipis. Mo ga mo materi itu harus diadakan. Mo keliatan maksa ato engga.

Ato supaya yang jualan dianggep “pinter dan ahli” sedangkan si konsumen dibikin linglung merasa butuh pengetahuan terus-terusan. ang mana pada akhirnya target konsumennya bukannya jadi seducer, malah jadi knowledge junkie. FYI gue sempet kejebak jadi knowledge junkie juga.

Semua hal yang harusnya BAIK, kalo excessive (berlebihan) jatoh-jatohnya juga bakal jadi jelek juga.

Contohnya : beragama it’s okay. Tapi kalo jadi fanatik agama, it’s NOT. Dan yang ada malah bikin rusuh melulu.

7124cd85bf398ccc7f80bbe62a2a351

Makan, ya jelas elo perlu makan. Tapi kalo lu kebanyakan makan, ya jadinya gendut.

article-0-12F2F8DF000005DC-508_634x480

Kerja itu baik, cari nafkah, cari penghasilan. Tapi kalo kelewatan, satu kasus yang udah ada ya Mita Diran, 30 jam nonstop kerja, akibatnya nyawa ilang.

406345-b4bb990e-682c-11e3-b1c2-12026a975936

Kurang lebih gitu deh knowledge junkie. Baca-baca punya pengetahuan itu baik. Tapi kalo kelebihan ya ga baik juga. Kebanyakan baca ya jadi kutu buku istilahnya. Apalagi ga praktek sama sekali.

1436221-1

Side story dikit, waktu gue mulai dikit-dikit berubah, temen gue ada yang freaked out sama kelakuan gue. Dia bilang “men, lu beda sekarang man! gue jadi risih kalo deket elo lagi, dulu tuh lu orangnya cool!” wakakaka entah gue mesti ge er ato tersinggung denger gitu. Tapi yang jelas gue emang pengen banget berubah. Argumentasi temen gue gini “lu tuh ga jadi dirilo sendiri, buku itu kan tetep ditulis sama orang lain”. Ya jelas, gue ga mencoba niru karakter/jadi orang lain, tapi yang gue ambil dari buku itu PENGALAMAN orang lain, kira-kira apa tantangannya, kira-kira apa yang perlu dilakukan. Kek yang gue bilang dulu, pengetahuan itu engga gue telen bulet-bulet, tapi gue CERNA dan gue PRAKTEKIN.

Anyway, seduction itu simple, tapi yang ribet itu ngerubah pola pikir sama believe system. Yang perlu lu lakuin sebenernya cuma satu : OPEN YOUR MIND. Gue jamin, kalo lu unlearn everything (mengosongkan pikiran, ngebuang semua paradigma dan mindset lama) dan willing to learn new things (membuka diri terhadap hal-hal baru), ini bakal jadi jauh lebih mudah. Materi cukup cari sendiri.

mASF sendiri sempet masuk titik jenuh. Abis Aaron Sleazy ga aktif di komunitas, dibikin ruwet lagi sama Illuminatus. Coz, ya bahannya cuma disitu-situ aja kok.

Inget deh, tujuannya metode-metode PUA itu apa? Simply, ngebreakdown apa yang dilakuin sama para player natural, dan mencoba mengimitasi mereka.

Nahhh sekarang, serius coba deh, kalo lu ada temen playboy. Tanya langsung ke mereka, soal hipnosis, NLP, soal teori, soal evolutionary psychology, soal science dibalik seducton atau isi otak cewek. Ya satu dua orang sih bakal bergaya profesor terus nguliahin elu. Tipe-tipe kek Vicky Prasetyo. Tapi mayoritas player yang gue temuin, terutama yang genuine itu biasa jawabannya ngeselin “ya deketin aja” ato “ya telpon aja” ato “ya ajak ngamar aja”.

Nih satu kasus real dari pengunjung thread :

http://www.kaskus.co.id/show_post/52c02eb2be29a018098b4671/795

Player yang kakap biasanya ga peduli sama hal-hal teknis gitu. Herannya gue, dibandingin dia nurunin egonya dia ke temennya dia itu dan nyerep skill temennya malah kebelet nyari teori melulu.

Kalo sekarang otaklu dijejelin teori-teori segunung, gue rasa elo malah bakal jadi paralysis of analysis. Karena elo masih tetep berpikir dengan otak. Nantinya di lapangan elo malah bakal menghabiskan waktu menganalisa situasi dibandingkan bertindak.

Gini, intinya sih ya, baca, nonton materi ato sejenisnya boleh aja. Tapi jangan lupa satu : PRAKTEK.

Lu mo belajar bawa mobil, baca buku soal nyetir mobil bakal jadi jago ga bawa mobil? Terus belon apa-apa minta belajar drifting ato trik-trik balapan, padahal NGERASAIN kopling aja belon bisa.

Lu bakal jadi jago bawa mobil ga dengan cara itu?

Atau belon-belon dicekokin dengan teori exact “kalo nginjek kopling itu harus 100%, angkat perlahan-lahan sampai kira-kira 50% sambil injak gas 10% perlahan-lahan”

Yang ada malah lu jadi kagok ga karuan. Ini aja adep-adepan sama benda mati.

Yang bener gimana? Ya injek kopling masukin gear, angkat pelan-pelan koplingnya, rasain mobilnya gerak, sambil injek gas sedikit, en RASAIN dan DENGERIN mesin mobilnya. Gasnya ga boleh terlalu pol, ga boleh terlalu dikit, kalo ga mobilnya nyendat. Bener ga?

Nah manusia itu ga exact. Dan gue rasa agak ngaco kalo PDKT sama sesama manusia dengan ilmu yang diklaim PASTI. Coz, manusia itu driven by feeling. Emosi. Perasaan. Ga bisa lah lu pake teori science atau ilmu exact manapun. Scientist yang paling banyak publish penelitian soal interaksi manusia aja gue rasa masih sering salah tingkah ato bikin orang jengkel. Master pickup artist sekelas Mystery aja gue yakin masih ngalamin rejection, walopun rasionya jauh lebih dikit dari kita-kita.

Aplikasi Binary Rating System diluar Seduction

Kalo belajar dari buku, buku pertama yang gue baca itu Dale Carnegie How To Win Friends and Influence people. Terus sembari praktek pelan-pelan, karena gue dulu ngerasa inferior abis. Ga bisa langsung deh pede ngobrol sama orang yang baru dikenal.

Dale Carnegie. Bukan The Game, bukan Mystery Method, bukan The Layguide ato Sleazy Stories. Sleazy Stories gue beli karena gue penasaran aja, but dia udah sharing sepenuhnya sama gue dari facebook. Chatting aja sama Sleazy, dia ngeladenin dengan senang hati. Kadang gue argumen sama dia, ga masalah. Dia tetep ngejawab dengan kepala dingin. Ya ngiklanin Sleazy juga gue ga masalah, coz style dia paling banyak gue adopsi. Influence dia ke style gue yang sekarang gede banget. But anyway, gimanapun juga buku Dale Carnegie itu justru yang PALING banyak ngerubah diri gue (mungkin nanti gue susunin alur buku yang menurut gue oke).

bookcover

Simple aja. Misalnya satpam. Kalo dulunya lu cuek ngelewatin pos satpam, sekarang ya sekedarlah sapa “pagi pak”. Jujur gue ga boong. Ini impactnya aja udah gede banget.

Dulu waktu gue ditempatin di perumahan waktu gue kerja di daerah, hasilnya itu satu komplek perumahan pada manggil nama gue tiap gue lewat. Itupun gue masih takut banget sama rejection, ngomongnya pelan banget, ngangkat tangan separoh-separoh pas waktu nyapa satpam perumahan mess gue. Gue sempet freaked out waktu itu, soale gue masih pemalu banget. Soale juga dulunya gue selalu menghidar dari spotlight, tiba-tiba semua spotlight ngarah ke gue.

INI DULU YANG DIKUASAIN. Kalo itu udah lancar, baru pusingin yang lain. Sering-seringin aja nongkrong sama orang random.

Kalo lu ga bisa cold approach random people, ya satpam, ya tukang kebon, ya tukang sampah, ya orang yang lagi sama-sama nunggu busway sama elo ato sejenisnya, lu ga bakalan bisa cold approach cewek cakep PROPERLY.

Misalnya deh kemarin, gue ke bengkel pinggiran jalan. Lampu motor gue mati terus ujan deres. Minggir ke satu bengkel abang-abang gitu. Gue bilang “pak, nebeng dulu ya sampe ujannya berenti”. Dia bilang “iya, gapapa”. Terus dia malah duduk di deket gue, dan malahan jadi ngobrol ngalor ngidul soal motor.

Guenya sendiri ga banyak omong kok, most of the time, gue yang biarin dia ngomong. Gue cukup kasih genuine interest (tertarik secara tulus) sama subject pembicaraan yang dia angkat. Sisanya biarin dia yang contribute. Itu VALUE yang gue tawarkan ke dia, menyediakan kuping buat curhatan sama pengakuan soal pengetahuan dia tentang motor. VALUE yang gue dapet kembali ya mayan dapet info-info baru seputar motor (si bapak montir ternyata knowledgenya luas banget soal motor dan gue emang doyan motor) en jadi ga mati gaya sembari nunggu hujan reda hehehe.

Get the idea? Terutama soal value taking dan value giving?

Nah ini juga gue terapin equality ke dia. Gue ga peduli sama bengkelnya dia yang kumuh. Liat ke dalem, pas dibelakang stand kaca tempat dia majang sparepart jualannya dia, udah ada ranjang, dimana anak sama bininya disitu. Pas didepannya ada got. Bajunya juga kumel banget. Kalo gue ngerasa elit gue ga bakalan mampir kesitu buat ganti lampu. But… he’s still human. Sama kek gue, sama kayak elo.

Baca deh soal binary rating system. Sama aja. Bedanya… kalo ke cowok… 0 itu gue tujuin ke orang yang ngehenya minta ampun sampe gue males puolll berinteraksi sama dia. Sedangkan 1 itu gue tujuin ke orang yang asik. Mo tajir, mo gembel, mo tukang kebon, mo koki, mo bos, mo pelayan, mo bapaknya jendral kek, mo engkongnya kaisar hongkong kek. 0 dan 1. Kalo asik, ya ayuk. Atau dengan kata lain binary ratingnya dia 1. Buat temenan dan koneksi tentunya. Gue masih normal. No homo. Kalo ngehe ya udah gue jauhin. Dalam arti binary ratingnya dia 0.

Bapak yang punya bengkel itu gue kasih binary rating 1. Gue ga keberatan mampir ke bengkelnya dia lagi. Orangnya asik kok.

Di kasus lainnya, kemarin gue sempet masuk kerja jadi sales manager selama 1.5 bulan. It was fun, asik deh pokoke, bisa ngedaygame dan dibayar, environment juga oke banget, kerja bareng 2 model. Keluar ke event-event juga. Beda banget sama kerjaan gue yang dulu-dulu yang nongkrong di depan komputer mulu.

However, otak gue udah ga fokus disitu lagi, jadi gue ga betah. Mana plan gue udah ketunda berbulan-bulan. Tapi yang jelas dari awal gue udah ngomong sih sama GM, gue disitu cuma sementara, dan terus gue ingetin berkali-kali. So kalo misalnya gue cabut, dia ga kelabakan. Owner juga bilang gapapa.

Gue udah gatel, tadinya gue mikir ya udah mayan deh buat nambah modal, plan bisa gue kerjain pelan-pelan. Tapi ini kantornya dari ujung ke ujung, so selama perjalanan rata-rata ngabisin 5 jam pp. Mana jakarta kan macetnya minta ampun. Pulang ya udah cape walopun teng go. Balik sampe rumah rata-rata jam 8-9 malem. So gue cuma bertahan 1.5 bulan disitu. N back to my plan. Nanti gue post disini lengkapnya soal pengalaman gue jadi sales manager.

Nah, jadi gini, ownernya itu lumayan terkenal. Selama gue kerja disitu gue banyak coba narik-narikin co-worker sama temen-temen gue yang dulu. Tapi reaksi temen-temen gue tuh “duh Pak X kata temen gue galak, ga berani ah”, kebanyakan bilang doi galak deh pokoknya. Lah… serius, kok gue ga merasa gitu ya? Malah sering gue ketawa bareng sama dia pas waktu meeting gitu. Becandaan mulu orangnya. Jengkel sih ya gue sering liat… ya tapi masa iya lu ga pernah jengkel sama sekali? Berarti lu kagak sehat itu artinya.

Sering juga gue keceplosan ngecengin dia di belakang sama anak2… eeehhh kebetulan pas dianya lewat di depan gue. Tampangnya agak asem sih pas ngegep gue ngecengin doi di belakang. Tapi abis itu biasa aja kok. Ya sekali-sekali masa ga boleh refreshing sih becanda ama anak-anak gitu. Maap ya pak hehe.

Dan kalo gue jengkel gue langsung ngomong ke doi. Bilang apa adanya ke dia. Anak-anak yang lain waktu itu pernah sekali gue minta tolong sama anak-anak “tolong SMSin Pak X dong”. Reaksinya “duh ga berani, gini lah gitu lah”. Wedew itu cuma SMS doang lho… kok ribet amet sih ya. Gue minta tolong yang bersangkutan karena itu emang tugasnya dia dan kartu yang dia pake kartunya kantor. Ya wis, gue yang SMS, pake pulsa gue.

See… bedanya mereka masih melihat Pak X sebagai superior, bukan sebagai MANUSIA. Plus image yang nyebar tentang dia itu “galak”. Ya udahlah emang kalo galak nape? Ini yang gue sebel dari kebanyakan orang, main asumsi, main ngejudge. Kayak ketika elo ngeliat HB 10. Well, realitanya kan kita sama-sama cari makan kok. Ya jelas companynya emang company dia.

But tetep aja lah… sama-sama cari sesuap nasi. Plus kalo itu informasi ga nyampe ya company dia yang rugi… kalo Pak X mo marah dengan alasan “terganggu” ya silakan lah wong itu companynya dia. Tapi nyatanya engga. Dan dia malah appreciate sama SMS yang gue kirim. Akhirnya gue simpulin Pak X ini bagi gue orangnya oke. So… rating binary dia bagi gue itu 1. Gue ga keberatan kerja lagi sama Pak X kalo plan gue ga jalan.

Orang-orang yang kekumpul di group kaskus lair, so far juga asik-asik. Peduli mo anak kuliahan kek, mo bisnis kek, mo kerja kek. Becandaan ma ceng-cengan ma mereka seru abis. Jadi ga melulu ngomongin cewek juga. Ini mereka ya jelas gue kasih rating 1.

Intention

Nah… jadi gini… kalo lu belon apa-apa udah ngotot ngapproach HB… yang ada lu udah kecium niat dan otaklu ke si cewek. Lu kenalan karena lu doyan sama dia. Ngiler sama tampang angelicnya dan body aduhainya plus keteknya yang wangi gitu. Wihiw. Lapin itu ilernya. Sedangkan sama orang lain lu cuek bebek. Ini termasuk dalem congruency problem. Percuma juga kan, kalo ntar-ntarannya lu juga bakalan ngerasain inner conflict juga.

Inget juga soal tulisan gue “flake dichotomy“. Soal “intention” (NIAT) bakal pengaruh juga ke outcomenya (HASIL YANG DITUAI). Itu sebenernya ide dasarnya gue baca dari satu sumber… gue lupa. Kalo ga salah sih dari Style (Neil Strauss) juga. Kenapa game sebagian besar orang ga berhasil ato mentok : karena tujuannya egois. Gerogotin value orang tanpa mikirin soal menawarkan value kembali.

  1. Lu nyetop cewek di jalan, minta waktu ngobrol sama dia. Itu udah minta value ke dia. Waktunya dia kebuang.
  2. Lu minta nomer telponnya dia, itu udah minta value dia. Ngasih privasi ke elo.
  3. Lu minta dia “mengisi hiduplo yang kosong” (halah), apalagi. Lu kate tuh cewek personal entertainer elu?

Pertanyaannya, value apa yang mo lu offer balik ke tuh cewek?

So simple aja, kalo nyegat cewek, seengganya ciptakan interaksi yang menyenangkan buat elo dan DIA. Yang memorable, yang berkesan, yang bikin hati elo dan dia berbunga-bunga, keinget sampe sekarang. Timbulkan perasaan positif ke dia dan elo.

Gimana caranya? Ya figure out sendiri lah. Masa iya gini aja nanya? Hal-hal yang menyenangkan ga tau? Kalo begini aja masih nanya berarti lo mesti ngebenahin dirilu dulu. Yang jelas, ngegombal bukan caranya… coba aja lu gombalin (pujian kentut gitu) cewek hot, reaksinya gimana.

Analogi yang pas menurut gue gini… lo lagi nonton acara kesayangan di TV (si cewek dengan kesibukannya)… terus tau-tau kepotong iklan (lo dateng nyegat dia). Kira-kira itu iklan ngena ga ke elo? Nah… kalo iklannya bisa ngebikin lo ketawa ato sekedar senyum atau nimbulin perasaan-perasaan/emosi positif ke elo, gue yakin iklan itu bakal lebih memorable ke elo, dan lebih menclok ke otaklo. Contohnya yang ini misalnya :

Enak toh, penonton juga ngakak ngeliatnya, ga sok serius dan semacemnya. However, perlu diinget lagi, soal dancing monkey. Dalam arti si cewek jadi terhibur sama elo, tapi dia ga ada sexual interest ke elo. Singkatnya elo jadi badut. “Menyenangkan”, “menghibur” juga bukan berarti melulu membikin ketawa kan? Bisa juga macu adrenalinnya dia… bikin dia deg-degan ato sejenisnya. Liat FR (Field Report) gue yang dulu-dulu… keknya ga banyak yang ngelawak juga kok.

So… back to topic. Gue cuma ngerasa blo’on aja kalo seduction itu dijadiin BISNIS UTAMA. Atau main source buat income. Makanya ntu company kecap yang ngakunya no.1 di asia megap-megap saking desperatenya malah ngiklan di FB page nubi (fb page laki tulen). Permisi juga engga.

Maaf aja. Gue ga suka cara gitu. intentionnya juga egois. Ya harap maklum kalo langsung gue tendang. Postnya dia udah gue hapus dan gue ban itu mahluk. Ini yang gue bilang menggerogoti value orang.

Kalo seandainya dia nge-pm gue baik-baik… minta tukeran blogroll, kayak batamwatch.com gitu. Pasti gue pertimbangin. Batamwatch.com dapet traffic dari Laki Tulen, Laki Tulen juga dapet traffic dari Batamwatch.com. Nih kan waktu gue nulis ini gue ga keberatan ngiklanin batamwatch lagi. Jadi sama-sama enak toh. Sama-sama nguntungin. Simbiosis mutualisme istilahnya. Ga ada yang jengkel. Lah yang si kecap ntu kagak pake permisi asal nyelonong aje.

Well… jujur nih… foto-fotonya sama cewek sih impresif ya… boleh lah… banyak cewek cakep foto sama dia (FYI kalo foto doang mah gampang)… tapi nih… yang jelas gue cuma bingung satu hal : masa iya orang yang socialy calibrated kayak gitu kelakuannya? Asal nyelonong gitu? *facepalm*

Ya yang mo instan, terserah… boleh aja ngambil pelatihan workshop itungan hari dari company-company yang ada. But gue skeptis aja, soale pengembangan diri itu bukan sulap. Butuh BANYAK kerja keras dan BANYAK waktu dan harus sembari jalan.

It works for some tho, ya buktinya testimonial positif ada aja kok. Tapi kayak testimonial pengobatan alternatif, yang dipublikasikan yang sembuh aja. Yang makin parah gimana? Pasiennya sendiri yang gagal diobati juga kepentok ego, ga bakal mo ngakuin dia ngaco… sakit parah malah ke dukun😛

Inget lah… indomie… eeeh… ga boleh nyebut merk ya… ya udah… mi instan, yang katanya “instan” aja ga instan-instan amat toh. Lu perlu siapin panci, siapin mangkok, ngerebus air, dll, dst.

Inget juga intention dan goal elo APA? Pengen sex? Ngapain ribet belajar PUA? Bawa duit ke lokalisasi, beres. Pengen pacar? Minta kenalin sama kenalan temen ato ortu, beres. Pengen dapet nomer telpon? Ambil buku yellow pages aja, beres. Jauh lebih instan dari belajar gini-ginian malah.

So… choice is yours. Mo yang instan?

Attitude dari Beberapa Self-Proclaimed “Professional Dating Coach”

Pernah juga gue ngobrol lewat email sama owner salah satu dating company yang baru (bukan yang ngiklan ini). Ketemuan yuk, ngobrol-ngobrol santai, nongkrong bareng gitulah. Gue cuma cari orang yang seide. Lah… doi malah make FTC (False Time Constraint, taktik mystery gitu wakakakaka) ke gue… katanya sibuk cuma bisa ngeluangin waktu cuma segini segitu, harus begini begitu, blablabla.

Balesannya juga nyolot katanya gue DHV terlalu banyak ke dia, keliatan seeking validation apalah, beginilah begitulah. Jaelah. Dua jam tiga jam, ketemu kenalan baru, tuker pikiran. Sesibuk apa sih lu. Mahal amit ente. Ga mau? Ya sutra. Ribet. Dan belon apa-apa udah ngomong soal duit. Ya whatever deh. Males gue urusan sama orang kek gitu. Kek situ paling hot ajeh. Huh. Benci aku. Nah orang yang kayak gini, gue kasih binary rating 0.

Ya… gue akuin dikit banyak gue maklum juga sih, kadang-kadang ada orang yang keterlaluan juga. Nge-PM gue di kaskus, nyuruh gue dari ujung ke ujung minta jadi personal coachnya dia. Nih yang namanya “gerogotin value”. Gue disuruh tekor bensin, tekor waktu, tekor energi, tekor ilmu lah dia mo offer apa ke gue? Mangnya gue cowok gratisan? Wakakaka. Ini juga gue kasih binary rating 0. So mungkin yang kasus kedua tu curiga sama gue, kalo gue cuma mau belajar gratis sama dia. Ya udahlah, namanya juga orang cari makan. But udah ga kontek-kontekan lagi, ya sutra.

Satu lagi, dulu banget pas pertengahan gue rajin keluar gue denger ada orang indo yang kerja di singapore, backgroundnya (kerjaan dia yang bener) IT. Doi rajin mangkal di puahate.com. Terus belakangan nih gue denger dia bikin coaching juga, self proclaimed professional dating coach gitu.

Ya wis coba deh kontek doi, pengen tau aja. Kita chatting lewat FB waktu itu. Dia minta tarif $3000 untuk 2 hari. Tambah kalo konsultasi lewat telpon itu $100 per sesi. Jadi kalo nelpon dia tuh dicharge $100 gitu. Buset dah. Waktu kita ngobrol panjang lebar dia keceplosan “Mo baca teori apapun, metode apapun, tetep Field is KING”. Oke. Gue setuju banget. Gue tanya lagi “lo biasa solo ato ngewing”. Dia bilang “solo is THE WAY”. Tambah lagi “kok lu sering nongkrong di PUAHate?”. Dia jawab “soalnya PUA itu banyak yang jualan doang, mereka cuma internet marketing”. Terus dia tanya kapan mo pelatihannya. Gue bilang “ya kayak kata elo, field is king, gue udah tengah jalan gini dan gue biasa keluar solo… gue rasa gue cuma perlu praktek lebih sering aja”. Langsung omongannya berubah “tapi kalo ga diguide dengan bener field itu percuma”. Ngok.

2024-extreme-facepalm

Ya udah ga gue kontek-kontek lagi doi. Malesi. Kagak konsisten. 0 juga buat doi.

Nah lama kemudian gue cerita tentang dia ke salah satu temen gue. Eh ternyata dia temennya temen gue itu. Katanya sejak kenal dunia PUA lagaknya jadi belagu, songong dan nyebelin. Mungkin sih ya… dia waktu sama temen itu waktu ngalamin fase transformasi kek gue. Dalam arti waktu berubah, ada aja orang entah napa tau-tau ga suka gitu. Ini yang namanya sirik kali ya. Tapi entahlah. Ato mungkin temen gue itu sama kasusnya kek temen gue yang ngambek gara-gara kepentok approach anxiety.

Kalo liat rate-rate yang diluar apalagi venusian arts dan sejenisnya, ga heran deh pada ngiler liat ratenya en kesusu bikin bisnis bidang ini. Ini orang juga kepincut duit gede dari bisnis ini kali ye? Dulu kalo ga salah pernah sempet ada booming ikan Lou Han. Ada cerita sukses dari satu orang yang ngembangbiakin ikan Lou Han orang-orang langsung pada rame ngembangbiakin Lou Han. Ngimpi kaya mendadak dengan meniru tingkah orang lain.

louhan_1-322x225

However, tetep diinget guys, kita ini hidup di dunia yang driven by MEN. Segimanapun juga kita perlu sex (replication), kita juga perlu bertahan hidup (survival); ntar ini bakal gue bahas di artikel Gender Wars. Survival tetep aja diatas replication… coz gimana lu mo kimpoi kalo lu udah ga bernafas lagi? So… ya sebisa mungkin deh, jangan bikin keki temen elo sendiri.

Balik ke analogi iklan lagi deh… kebanyakan iklan TV indo sekarang itu sok mahal, ya okelah buat gue tau tujuannya buat nampilin image eksklusif gitu. Monya keliatan berkelas kali ye. Tapi beberapa iklan bagi gue malah jadi terkesan TRY HARD (maksain), dibandingkan bener-bener memberikan value ke penonton. Flat, datar, boring.

Ya mungkin ada orang yang demen iklan-iklan kayak gitu… selera orang kan beda-beda.

Conclusion?

Diluar semua itu… sekarang gue minta elo coba deh pikir keras-keras :

Buat apa… lo gandeng cewek yang hotnya minta ampun… tapi area lain hiduplo ga karuan dan ga jelas? Tuh cewek bakal ninggalin lu juga, karena lu ga punya value beneran buat dioffer balik.

Ini common sense aja, ga perlu rocket science ato evolutionary psychology ato scientific bullshit lainnya buat hal ini.

Congruence lu juga acak kadut, palsu dan ga jelas. Yakin lu bakal kuat hidup di dalam kepalsuan?

Ya bener, cewek cakep itu ga liat duit, ga liat fisik dan sejenisnya. Ini contoh-contohnya. Sama baca lagi soal mitos-mitos yang beredar tentang cewek.

Tapi kek yang gue bilang toh, value itu ga melulu berbentuk uang. Nah ini juga jadi bahasan hot di group chat kemarin. Developing High Value (mengembangkan value tinggi), instead of Demonstrating High Value (menampilkan value tinggi). Sebab kalo lu DEVELOPING high value, dibandingkan DEMONSTRATING… secara pribadi lu lebih SOLID. Semua yang terpancar dari elo, congruencenya juga mantab. Karena value yang lu punya itu emang value sungguhan, bukan ngebual kek si S3 dari amrik. Ide DHV (DEVELOPING High Value) yang baru itu dari fact69. Kontributor paling vokal di group chat.

So… dalam satu dua hari langsung berubah jadi Don Juan Cassanova yang eksprettt dalam ngegaet cewek cakep, kalo emang itu fantasy elo yang ga tertahankan… be my guest.

tyler_durden

Tyler Durden : I say let’s stop being perfect, let’s evolve, let the chip fall where they may.

“Your self concept is BULLSHIT. You are a perpetual canvas on which ANY story could be written”

“Hidup itu kayak kapal bro, kita nahkodanya. Sesuka kita mo arahin kemana” – MelvinalX from Group Chat

Cheers.

6 comments on “Si Kecap Nomer 1 di Asia

  1. Pingback: 1 Year LakiTulen Blog | Laki Tulen

  2. Pingback: Pick Up Artist Indonesia | Laki Tulen

  3. Pingback: Seduction dan Inferiority Complex | cotulen.com

  4. Pingback: “Mesin Uang” | Laki Tulen

  5. kimpatsu
    January 20, 2016

    setelah google baca sedikit websitenya dan liat videonya (yg ngga kedengeran ngomong apa) ntah knp gw merasa gw harus jauh2 klo ketemu si kecap no. 1 ini. Gw merasa klo dia ngedekitin gw dia tuh bakalan nawarin kartu kredit ato asuransi gitu.

    • exorio
      January 29, 2016

      Lel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: