Laki Tulen

Reclaim Your Manhood Today!

Obsessed by Money

obsessed-with-how-people-spend-and-save-money-apply-for-this-job-at-business-insider

Beberapa minggu yang lalu, gue decide ngejual beberapa barang pribadi gue secara online.

Pembeli rewel, nanya panjang lebar, dan dituduh mau nipu okelah gapapa. Yang penting pada akhirnya pas dia terima barang dia puas dan gue terima pembayaran. Gue dan dia sama-sama puas sama transaksi yang udah dilakukan.

Walopun memang banyak kejadian ngeselin sama pembeli, seperti yang dituturkan oleh HT di kaskus ini :

http://www.kaskus.co.id/thread/52cc128f38cb178f048b46f8/sebuah-catatan—kelakuan-calon-pembeli-online-indonesia/

Tapi yang PALING ngeselin itu ketika dapet penipu beneran. Jadi ceritanya gini, di rumah gue itu ada satu kulkas nganggur. Daripada ga kepake ya gue pasang aja di tokobagus.com.

Satu hari dapet telpon masuk, katanya dia mau beli kulkasnya. Gue agak berasa aneh, tapi ya tetep aja masa rejeki ditolak.

Apalagi setelah gue ngalamin pembeli yang rewelnya minta ampun. Bayangin handphone Nokia sebiji, 2 hari gue ngeladenin dia. Tapi yang penting dia beneran beli. Itupun selama barang masih diperjalan gue masih ditanyain kapan datengnya. Bukti resi pengiriman udah gue tunjukkin ke dia padahal.

Nah kalo yang si penipu ini, ga rewel sama sekali. Katanya langsung mau, yang penting kulkasnya masih berjalan, ga mau liat masih mulus ato engga. Malah dia bakal nawarin kurir buat jemput itu kulkas sekalian.

Besoknya dia nelpon katanya udah transfer. Pas gue cek lewat mobile banking kok ga masuk.

Udah gue bilang saldo ga nambah, si penipu nanya saldo rekening gue berapa. Buset dah. Dari sini udah males benernya, udah berasa ga enak.

Pas gue tanya masa ga ada bukti transfer, struk ato apa?

Katanya dia transfer pake internet banking. Ya tetep kali, pasti ada catatan transaksi. Pas gue minta bukti transfer dia berkilah macem-macem.

Pada akhirnya dia minta tolong gue untuk ke ATM BRI, buat ngecek disitu. Lah ngapain? Gue tetep ngotot minta bukti transfer, dia bilang ga ada, karena ga ada dia bilang minta tolong telpon BRI. Jadi modusnya kira-kira gini rencananya. Gue ke ATM BRI, disitu gue dikasih telpon sama dia yang mungkin bakal dibilang BRI customer service. Mungkin dari situ dia bakalan nanya hal-hal seperti nomer rekening, PIN ato semacemnya.

At least itu modus yang mirip yang gue temui di internet.

Ini modusnya persis banget :

https://www.facebook.com/notes/sonny-alexander-simatupang/modus-penipuan-pura-pura-membeli-rumah/10150448613887071

Gue cuma sampe tahap disuruh ke ATM, gue bilang aja, udah balik dari ATM. Dia kesannya kecewa banget, ngomel-ngomel di telpon setelah gue jawab gue udah dirumah dan di dekat rumah gue ada ATM.

Ketika gue google nomernya dia, gue ketemu beberapa identitas.

H.SIGIT WARDANA PT RIM Blackberry
Ir.MARIO HIDAYAT PT Sido Muncul

Kedua identitas tersebut memiliki website yang lumayan rapi, tapi anehnya dua company sekaliber Sido Muncul dan Research In Motion memakai service blogging gratisan dari Blogger.

Ketika dia menelepon gue, dia ngaku beridentitas sebagai Haji Deden.

Nomernya 082114474444

Berkat temen gue di batamwatch.com nomer tersebut dan ketiga identitas tersebut dimasukkan ke blognya dia.

http://www.batamwatch.com/data-telepon-penipuan/

Alhasil blogspot gratisan itu semua diturunkan sama si pelaku, ini salah satu webnya yang sudah diturunkan sama dia :

http://gebyarblackberry88.blogspot.com/p/blog-page_13.html

Ketauan nih yeee… so, gue kirim ini ke dia :

1490647_10152072914058909_456785033_o

Pokoknya setiap gue SMS dia, dia langsung nelpon gue. Jadi dari dia ga ada SMS balesan sama sekali gitu. Pokok abis SMS dia langsung nelpon, tiap telpon kira-kira habis seperempat sampe setengah jam.

Gile, abis pulsa berapa tuh ya. Ngobrol panjang lebar gitu.

Nah, lo tau sendiri modus penipuan jaman ini bermacem-macem. Kreatif sekali gitu.

Mulai dari SMS minta pulsa katanya mama di kantor polisi lah, sampe nelpon katanya temen lama lah.

Intinya, mereka juga gue rasa main kuantitas juga.

Yang gue ga habis pikir, dibandingkan menginvestasikan resource mereka (mau waktu, mau duit, mau pulsa) buat kerjaan ga halal gini, kenapa ga diinvestasikan buat bisnis yang baik-baik?

Serius, jujur deh gue ga habis pikir?

Bikin website/blog walopun pake service yang udah ada kayak blogger ato wordpress itu bukan sesuatu yang gampang dikerjakan. Perlu skill juga. Apalagi nelponin dan ngeblast SMS ratusan orang tiap hari.

Penipu kayak “Haji Deden” gini, pas ngomong sabar, ga terburu-buru, dan sekali nelpon bisa sampe setengah jam sekali nelpon. Bayangin berapa banyak target korbannya? Berapa pulsa dan waktu yang dia habiskan/investasikan untuk mencari korban?

Ditambah lagi si “Haji Deden” waktu gue rekam suaranya, kedengeran banget itu mereka adalah komplotan ato sindikat.

Jujur aja, ngumpulin orang dan pengikut itu ga gampang. Kalo sampe bisa ngumpulin orang buat bertindak rendahan gini, itu berarti spik-spiknya luar biasa sebenernya. Dia punya influence yang besar. Atau ketua sindikat itu punya pengaruh yang besar.

Lah… gue heran, kenapa ga dibuat bisnis atau organisasi yang positif? Kenapa jadi sindikat penipu?

Ga mikir apa, anak istri gitu kalo suami bapaknya berprofesi sebagai penipu?

Ga mikir apa, kesudahannya kalo misalnya profesi penipu ini ga bisa ditekunin lagi mo jadi apa lo ke depannya?

Ga mikir, kalo namanya udah dicap sebagai penipu, selamanya bakal dicap penipu?

Gue malah mikir, modus penipu gini, sebenernya mirip apa yang dilakukan oleh para salesmen, bedanya para penipu ini ga punya titit.

Salesmen itu laki tulen. Kalo penipu itu gue ragukan punya anu.

Seriously, bukannya menyamakan salesman dengan penipu, coz gue sendiri sempet jadi salesman kemarin.

Jadi pas waktu gue megang posisi sales gue ngeblast data pool (kontek, email atau SMS), dan gue telponin satu-satu. It’s about numbers game juga.

Dari seratus mungkin ada 20 yang tertarik, terus kalo manage dapet tatap muka bisa closing.

Bahkan dari situ gue lebih mikir untuk jalan sendiri, dan tambah yakin dengan plan gue.

Nah, kalo gitu kenapa ga jualan yang halal sekalian gitu? Karena kalo nipu ga perlu modal gitu kah?

Siapa bilang?

Emang pulsa itu gratis?

Emang waktu yang dibuang buat nelponin daftar calon korban itu sebentar?

Emang bikin website itu gampang?

Gue bener-bener ga habis mikir sama pola pikir penipu kayak gini.

Ini akibatnya kalo jiwa udah dikonsumsi sama yang namanya DUIT dan otak yang ga mampu memproses long term goal. Jadi yang di otaknya cuma ada short-term goal aja : dapet duit.

Dan gue yakin orang yang kecerdasannya kayak si “Haji Deden” begitu dapet duit gede bukannya dimanfaatkan dengan baik, tapi malah dihabiskan buat mabuk-mabukan ato sejenisnya.

Skill bikin website (walopun dengan blog gratisan) juga ada kok. Kegigihan mencari sumber kontek baru ada, dan keuletan memfollow up kontek-kontek tersebut jangan ditanya.

Ya seengganya masa ga nyadar-nyadar sih… kalo dia dengan nipu bisa dapet duit, apalagi dengan bertindak jujur dan punya reputasi terhormat di mata semua orang?

Mungkin ini definisi TOLOL? Sorry, orang tolol pun gue rasa kasian kalo disamakan sama tipe orang-orang begini.

Yeah gue ga muna, gue juga suka duit. Dan duit itu penting banget. Apalagi jaman sekarang.

Tapi kalo sampe mengorbankan harga dirilo seperti ini? Mengorbankan jiwa dan idealismelu seperti ini?

Pak Haji Deden, atau siapapun Anda, semoga Anda bertobat dan sadar di tahun 2014 ini.

Cari kerjaan yang halal ya biar makin disayang sama anak dan istri.

Kita ini hidup di dunia cuma sementara lho. Kalo Mystery bilang 28000 hari untuk hidup.

10 tahun itu terdengar lama, tapi kenyataannya waktu berjalan sangat cepat.

Death is certain, the question is HOW do you want to go?

Kayak si “Haji Deden?”

2 comments on “Obsessed by Money

  1. Pingback: Congruence | Laki Tulen

  2. Pingback: The Wolf of Wall Street | Laki Tulen

Leave a Reply

Information

This entry was posted on January 9, 2014 by in Field Report, Opini and tagged , , , , , , , , , , , .
