Laki Tulen

Reclaim Your Manhood Today!

FR : JCC, Java Rockinland & PRJ

Hampir seminggu setelah gue balik ke Jakarta, gue kontek salah satu sahabat gue yang merupakan marketing manager. Orang inilah yang dulunya mengangkat gue dari diri gue yang culun, pemalu, dan depresi. Seiring dengan waktu, kita menjadi sahabat baik.

Ga mau tunggu lama-lama gue langsung ngunjungin kantornya dia. Susah banget cari tempatnya. So gue beberapa kali mampir ke 7-11 buat ngisi perut. Di kasir gue liat ada display interaktif menawarkan tiket Java Rockinland seharga 400an ribu kalo ga salah. Tertarik, gue foto aja, coz harga segitu bagi gue ga murah. Tapi why not, gue juga kepengen.

Sampai di kantornya dia, mereka lagi meeting, ngerencanain stand buat demo software, dan ternyata mereka mau buat stand di Java Rockinland. Ya kebetulan banget, abis itu dia nawarin “gimana kalo lo aja yang demo?”

Ga mikir dua kali gue iyain.

Yap. Gue emang cupu. Ini konser pertama yang pernah gue tonton. Kalo live band di pub masuk itungan, ya berarti bukan pertama sih. Dulu sempet nonton Tompi dan Katon Bagaskara, dan itupun ga expect mereka. Jujur aja gue kurang ngikutin lagu Indonesia.

Sebelum gue berubah seperti ini, gue masih dalam pemikiran lama gue, kayak clubbing gitu, nonton konser itu cuma buang-buang duit dan buang-buang waktu. Gue udah nekat mo beli tiketnya, eh ternyata rejeki numplegh ke gue kayak gini. Nonton gratis, demo ya paling sebentaran doang.

Nah Java Rockinland kali ini nampilin Collective Soul, Sixpence None the Richer dan Sugar Ray. Dulu gue suka banget dengerin lagu “Run” dan beli albumnya gara-gara lagu itu. Sixpence, siapa sih yang ga tau lagi “Kiss Me” sama “There She Goes”? Dan favorit gue sebenernya Sugar Ray, karena lagu mereka walaupun liriknya depresif, iramanya tetap ceria dan bandnya playful banget kalo diliat dari video klipnya mereka. Lagu favorit dari Sugar Ray sih “Falls Apart” sama “Someday”

Plus, karena konser gue expectnya bakal ramai orang, dan terutama banyak target buat approach.

Pas hari Hnya, demonya kurang mulus. Coz orang-orang pada ga interested liat software. Dan standnya kita itu paling sepi, karena ga ada SPG cakep yang ngegodain orang-orang lewat. Demonya ini cuma bentaran, dan gue liat ga efektif. So gue take action. Majalah gratis dan brosur yang mo disebarin gue susun, dan disitu gue jadi sales dadakan.

Pencerahan yang gue dapet hari itu : salesmanship dan seduction itu berkaitan erat banget.

Jadi sales sama jadi seducer sama ajah. Bedanya, kalo sales itu ngejual produk, kalo seducer itu ngejual diri. Sales yang oke engga maksa, engga ngotot, kalo ga mau ya udah terima dengan lapang dada. Ngomong yang sopan, sekali-sekali becandain si target, dengerin si target ngomong apa.

Pengalaman terburuk gue kalo berhadapan sama salesman, sekali waktu di toko baju, gue langsung dirubung 4-5 sales yang nawarin baju. Padahal gue udah bilang “mau liat-liat dulu”. Dan lagi konsentrasi pilih-pilih baju mana enak sih dibuyarin konsentrasinya “kalo yang ini gimana pak? kalo yang ini gimana pak?”. Spontan gue ngamuk di tempat gue teriakin aja “tadi saya udah bilang mau liat-liat dulu, ngerti ga sih?”. Yes, saking dongkolnya.

Ini akibatnya kalo para sales itu cuma mikirin kuantitas penjualan sama persenannya mereka, mereka ga mikirin kepuasan pelanggannya. But seengganya gue tau apa yang ga boleh dilakuin sama salesman.

So satu target, dua target, lama-lama gue semakin cuek, dan gue berkeliling ke semua area Java Rockinland, dan kira-kira 10an lebih habis brosurnya, dan gue rasa gue nargetin orang-orang yang tepat juga.

Diselingin nonton Sixpence None the Richer sama Collective Soul. Sambil godain SPG-SPG di sebelah.

Sekalian praktekin teknik gue ttg foto sama cewek cakep yang baru dikenal :

1009740_10151673304903909_1999412990_nPas lagi haus, gue ke standnya tebs. Liat SPGnya, lumayan, tapi bodynya yang paling gue suka. So keluarin HP, arahin ke dia, langsung dia pasang pose ini.

Begitu tau reaksinya dia bagus, gue minta temen cowoknya ngambilin foto kita berdua barengan :

5949_10151670757348909_1877488673_nkalo lu liat body languagenya dia yang condong ke arah gue… dia ini ngasih response yang positif banget. Namanya H.

Abis poto bareng ya gue becanda-becandain, sama ngobrol-ngobrol ringan. Terus tiap kali papasan gue panggil. Orangnya ramah banget, friendly, lucu dan asik diajak ngobrol.

Hari terakhir dia ngilang dan ketemu di stand pintu keluar, gue masih inget sama dia, dan gue langsung samperin. Ngobrol sebentar, terus kita pamitan. Gobloknya kok gue ga minta nomernya. Baru nyadar setelah gue start motor gue jauh di parkiran. Gue keplak pala gue sekenceng-kencengnya disitu. Ya sudahlah.

Overall gue enjoy banget acara ini. Untuk Sugar Ray gue rela ngebooking barisan depan 2 jam sebelumnya, dan ternyata ga mengecewakan banget. Mengenai band sendiri, gue bukan fan band apa-apa. Krunya Sugar Ray sendiri gue ga tau nama-namanya. Gue enjoy aja sama lagu-lagu hit mereka.

5927_10151673278583909_519068824_n

Satu-satunya band yang gue inget krunya cuma Nirvana; Kurt Cobain, Dave Grohl dan Krist Novoselic. Tapi Kurt udah ga ada dan Dave Grohl & Novoselic masing-masing punya kesibukan sendiri.

Sisanya, selama 2 hari gue banyak sparring sama SPG Clavo dan Djarum. Coz emang SPG dua produk rokok ini emang cantik-cantik. Sebenernya banyak ambil foto-foto SPG dan foto bareng mereka, tapi ntah kenapa kedelete? Pas gue check gallery foto-fotonya ga ada.

999676_10151670750593909_1680183715_n2013-06-22 19.11.2210163_10151670753118909_577720624_nAnyway mungkin lo bertanya, apa sih fungsinya foto bareng ini?

Buat gue, just for fun. Itu yang pertama. Yang kedua, ga muna nih ya… coba baca artikelnya Paladin di mASF. Dan yang paling penting buat gue sih, gue berharap bisa ketemu sama orang-orang kayak si H (foto pertama). Cara seleksi yang gampang. Personality keliatan, interest mereka ke elu juga keliatan, jadi lebih efektif dan efisien dibandingin indirect method.

Nyatanya, ada beberapa temen dari SPG tau-tau nyemplak “lu cowoknya dia yah?”. Yes, ga muna, jujur aja itu salah satu fungsinya. Dongkrak pasaran elu lol.

Nahhh, beberapa pengunjung yang ngobrol sama SPG gue perhatiin mereka bertingkah sok-sok tertarik sama produk yang ditawarkan SPGnya. Si SPG nerangin panjang lebar dan mereka manggut-manggut. Jiahhh, minta dijelasin apanya sih? Itu rokok, ujungnya dibakar, isep dari ujung satunya. Perlu diajarin?

Padahal jujur aja, gue rasa mereka cuma mo ngobrol sama SPGnya. Kalo gini kan buang buang waktulu sendiri dan buang-buang waktu si SPG juga. Lose-lose solution kalo ini mah. Dianya buang-buang waktu, si SPG juga jadi ga bisa jualan. Mending kalo beli. Come on lah, jangan nyusahin orang.

Satu hal yang gue pelajarin juga dari SPG-SPG ini, look doesn’t matter. Salesmanship itu perlu muka badak yang bener-bener tebel banget. Cuek ma rejection, mental kuat dan fisik serta stamina yang ok.

Ini salah satu SPG Clavo yang cakep (yang kanan) :2013-06-23 20.27.20Coba cek video ini, berapa kali dia ditolak :

Dan itu ga sampe setengah jam gue ngerecord dia. Mau ga mau, jualan ya harus gitu. Ya, kurang lebih itulah bayangan seduction juga. Mau ga mau harus main number game, main kuantitas juga.

Hal lainnya yang gue pelajarin dari sini juga, bangsatnya manusia itu, ini kan SPGnya cakep. Kalo misalnya mbok-mbok gitu mungkin gue ga akan terlalu peduli. Jujur aja. Masih inget soal kasus Pramugari Sriwijaya Air dipukul? Kasus ini kayaknya heboh banget. Dan di kaskus threadnya panjang.

Tapi herannya ga lama kemudian ada kasus yang serupa, tapi korban lebih parah. Ajaibnya orang terkesan ga peduli sama kasus ini. Why? I know why. Do you? Jawabannya :  kita semua ini penderita White Knight Syndrome. Ditambah lagi pramugarinya cakep pula.BMEwnU-CYAA4EcAsumber : kaskus

Oke back to topic de. Overall gue enjoy sama Java Rockinland. Tapi yang terutama nambah pengalaman jadi sales dadakan dan ketemu orang-orang baru. Temen-temen marketing dan foto bareng SPG yang unyu-unyu semua hehe.

Sahabat gue yang marketing justru nanya, kenapa gue ga PDKT sama cewe-cewe pengunjung disana. Jujur aja yang cakep-cakep sih emang banyak. Tapi biasanya mereka berduaan sama cowok. Dan gue masih belum berani mixed set. Apalagi siang-siang/day game.

Besokannya gue ke JCC, laporannya bisa lu liat disini. Overall, karena gue emang dasarnya computer geek, gue enjoy-enjoy aja sama pameran teknologi gini. Apalagi ttg komputer dan gadget. Ga banyak yang bisa gue ceritain, coz cuma liat-liat pamerannya dan beli buku import dari situ. Foto SPG banyak, tapi entah kenapa gue ga foto bareng dan minta nomernya lagi. Gue paling teringat sama cewek yang ini :401Coz personality dia yang paling menarik buat gue. Tampang juga paling cute diantara semua SPG.

Fast forward lagi beberapa hari. Gue diajakin family gue bantuin stand dia di PRJ. Karena gue udah berbekal muka badak dari Java Rockinland, pede aja sih, dan gue malah nawarin diri gue jadi sales dadakan lagi.

Hanya aja, gue kurang enjoy sama eventnya sendiri. Overall membosankan. SPGnya juga cenderung terkesan lebih desperate, lebih agresif dan ternyata lebih jual mahal dibandingkan Java Rockinland. Mungkin bukan mereka yang sombong, tapi aura gue pas waktu disitu yang emang ga enak.

Karena gue ga enjoy being there, aura gue jadi negatif. Karena aura gue negatif, orang-orang yang berinteraksi sama gue secara ga sadar ngerasain hawa negatifnya sehingga responsenya mereka negatif juga.

Ya sempat ngambil beberapa foto, yang jelas minta foto SPGnya gagal semua. Mereka reaksinya kayak gini semua :1062186_10151680581963909_2003835025_n (1)Entah kenapa, SEMUA SPGnya ga mau difoto. Dan biasanya langsung nutupin muka mereka. Beda banget ga kayak Java Rockinland atau JCC.

Terus kalo nawarin produk gitu agak maksa di PRJ. Sisanya gue nonton live band, nonton barongsai, liat-liat produk ini itu n that’s it.1019872_10151680537708909_1936233414_o1059315_10151680739793909_1855040442_nKurang berkesan buat gue. Dan karena PRJ itu semuanya dipamerkan, terkesan kurang ada yang wah, kayak JCC gitu. Walaupun ada aja sih pameran gadget dan komputer disitu. Tapi tetap, pameran komputer JCC is the best.

Keep rockin yo!

9 comments on “FR : JCC, Java Rockinland & PRJ

  1. abdi
    August 6, 2013

    waw cool. plis teach me master..🙂

  2. Pingback: Beberapa Contoh Follow Up | Laki Tulen

  3. Pingback: Artikel Pertama Tahun 2014 | Laki Tulen

  4. Pingback: Fashion dan “Peacocking” | Laki Tulen

  5. Pingback: Seduction = Salesmanship | Laki Tulen

  6. Pingback: All about Passion : Instant gratification VS Delayed gratification | cotulen.com

  7. Pingback: Seduction dan Inferiority Complex | cotulen.com

  8. Reivrei
    December 2, 2014

    Kata mas exorio “Karena AURA GUE NEGATIF , orang-orang yang berinteraksi sama gue secara ga sadar ngerasain hawa negatifnya sehingga responsenya mereka negatif juga” Mas gue bertanya-tanya , apa ini sama dengan bentuk approach anxiety ? soal nya gue suka ngedapetin AURA NEGATIF kayak yang dijabarin diatas , dan AURA NEGATIF ini muncul kayak mimpi basah , ga bisa di prediksi , padahal gue lagi di acara yang berisikan banyak target .. Ada saran ?

    • exorio
      December 2, 2014

      Approach anxiety beda sama “aura” atau “vibe”.

      Orang bisa aja tetep ngalamin approach anxiety tapi aura/vibenya dia positif. Playboy beneran aja tetep ada yang ngalamin approach anxiety.

      Lengkapnya baca soal Vibe (body language part 3).

Leave a Reply

